Peringati Hari Santri, MUI: Pemerintah Harus Beri Perhatian Khusus ke Pesantren

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 22 Oktober 2018 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 22 337 1967476 peringati-hari-santri-mui-pemerintah-harus-beri-perhatian-khusus-ke-pesantren-7S04xHkVKZ.jpg Ilustrasi santri (Foto: Ist)

JAKARTA - Memperingati Hari Santri Nasional, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintah lebih memperhatikan Pondok Pesantren. Sebab, kontribusi pondok pesantren sejak zaman kolonial memiliki peranan penting dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi, santri sebenarnya sebenarnya merupakan salah satu perwujudan dari bangsa kita yah, ketika melawan penjajah itu pelopor,ya salah satunya santri yah, jadi artinya kontribusi santri sangat besar yang digerakan oleh para kiai sama ulama. Jadi, cikal bakal republik ini didirikan oleh para santri," kata Wakil Ketua Komisi Hukum MUI, Ikhsan Abdullah kepada Okezone, Senin (22/10/2018).

Oleh karenanya, langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional sangat tepat, karena dengan penetapan itu dapat mengingatkan perjuangan para santri dalam melawan penjajah.

"Saya kira sudah selayaknya yah (dijadikan hari santri nasiomal) supaya orang tau (perjuangan para santri)," tuturnya.

 Santri

Kedepanya pemerintah harus memberikan perhatian terhadap para pondok pesantren, di mana lembaga tersebut merupakan para santri menggali ilmu agama. Jadi, bukan hanya pendidikan nasional saja yang mendapatkan perhatian secara khusus dari pemerintah.

"Pemerintah harus memperhatikan keberadaan santri. Pesantren itu harus diperhatikan kan selama ini dengan swadaya oleh masyarakat oleh kiainya dibiayai oleh kiainya. Pemerintah hanya membantu itu kan sama saja pendidikan sebenarnya," ujarnya.

Ikshan berharap, para santri juga dapat menangkal dari faham-faham radikalisme sehingga dapat menjaga keutuhan bangsa. "Semoga dapat menanggulangi faham-faham radikalisme dan mewujudkan ekonomi umat," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini