Share

Jokowi Dihadiahi Tongkat Kayu Ukir oleh Kiai Sepuh Demak

Taufik Budi, Sindo TV · Sabtu 20 Oktober 2018 04:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 20 337 1966549 jokowi-dihadiahi-tongkat-kayu-ukir-oleh-kiai-sepuh-demak-TTrhWSLUh4.jpg Presiden Jokowi mengunjungi pesantren di Demak dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (Foto: Taufik Budi/iNews)

DEMAK - Presiden RI Joko Widodo mendapat hadiah tongkat kayu bermotif ukiran saat berkunjung ke Pondok Pesantren Girikusumo, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jateng, Jumat ( 19/10/2018) petang.

Tongkat sepanjang sekira satu meter itu biasa digunakan oleh ulama kharismatik KH Munif Zuhri (Gus Munif). Jokowi yang datang dengan pengawalan ketat tiba di Ponpes berlokasi di perbukitan itu langsung disambut ribuan santri dan santriwati.

Selain pengasuh Ponpes Gus Munif, tampak pula Bupati Demak, M Natsir menyambut di depan pintu gerbang. Jokowi tiba bertepatan dengan berkumandangnya Azan Maghrib, langsung menuju Masjid Ageng Girikusumo untuk menunaikan salat berjamaah.

Selesai Salat Maghrib, Jokowi kemudian bersilaturahmi di kediaman Gus Munif di samping masjid. Pertemuan berlangsung tertutup. Setelah ditunggu beberapa saat, Jokowi yang didampingi tuan rumah keluar untuk menyapa awak media. Mantan Wali Kota Solo itu tampak menenteng sebuah tongkat kayu.

(Baca Juga: Ini Harapan Jokowi pada Seluruh Santri Tanah Air)

Menurut pengakuannya, tongkat tersebut milik Gus Munif yang diberikan kepadanya.

"Tongkat ini milik beliau (Gus Munif) dan diberikan kepada saya. Alhamdulillah. Biasa dipakai oleh beliau. Ada maknanya, tadi sudah disampaikan beliau,” katanya tanpa membeberkan makna yang dimaksud.

Sementara Gus Munif yang berada di samping Jokowi, mengaku hanya memiliki tongkat tersebut untuk diberikan kepada Jokowi. "Saya punyanya itu (tongkat). Ya saya kasih itu," ujar Gus Munif.

Senada dengan Jokowi, Gus Munif pun enggan mennyampaikan makna yang tersimpan dalam tongkat tersebut. "Silakan tanya Pak Jokowi saja, tadi sudah dijelaskan beliau," kata Gus Munif sembari melirik Jokowi sembari tersenyum.

Tak lama kemudian, Jokowi dan rombongan meninggalkan Ponpes Girikusumo. Ribuan santri pun memanfaatkan kesempatan itu untuk mengabadikan peristiwa kedatangan Presiden dengan memotretnya menggunakan kamera ponsel. Selanjutnya, Jokowi meneruskan perjalanan ke Semarang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini