nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Freeport, Tim Jokowi Sindir Kinerja Sudirman Said

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 19 337 1966288 soal-freeport-tim-jokowi-sindir-kinerja-sudirman-said-uFqnOm9gUg.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah menguasai saham Freeport sebesar 51 persen ketika Menteri ESDM dijabat Ignasius Jonan. Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto lalu menyindir kinerja Sudirman Said.

Sudirman diketahui sempat menjabat sebagai Menteri ESDM kemudian di reshuffle oleh Jokowi. Saat ini Sudirman bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Sandi dan kerap mengkritik Jokowi.

Saat menjabat sebagai Menteri ESDM, Sudirman berpolemik dengan Eks Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus "Papa Minta Saham" terkait perpanjangan kontrak Freeport.

"Zaman Pak Sudirman Said terjadi hiruk pikuk terhadap masalah itu (Freeport). Kemudian di bawah kepemimpinan Pak Djonan aspek kelembagaan yang lebih komprehensif dijalankan dengan langkah strategis sehingga ditandatangani head of agreement (divestasi saham Freeport 51%)," kata Hasto di Posko Cemara, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

 free

Hasto menuturkan, head of agreement merupakan basis legalitas untuk mendivestasi saham Freeport yang kini dikuasai negara sebesar 51%. Karenanya, kepemilikan saham sebesar itu menunjukkan pemerintahan Jokowi telah menjalankan perintah konstitusi, khususnya Pasal 33 UUD 1945.

"Komitmen dari Pak Jokowi sebagai Presiden adalah melaksanakan perintah konstitusi dengan selurus-lurusnya," imbuh dia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini