nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Permudah Pencairan Dana untuk Korban Gempa Lombok

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 16 337 1964769 jokowi-permudah-pencairan-dana-bantuan-untuk-korban-gempa-lombok-OvuVnZjSrO.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan pencairan dana perbaikan rumah ke para korban terdampak gempa bumi di Lombok, NTB hanya melalui satu prosedur. Sebelumnya terdapat 17 prosedur yang harus dipenuhi guna pencairan dana tersebut.

"Kita s‎udah memutuskan untuk prosedur pengambilan uang yang sudah diberikan agar disederhanakan dan kemarin sudah diputuskan dari 17 prosedur yang ada kemarin sudah diputuskan menjadi 1 saja," kata Jokowi dalam sidang Kabinet Paripurna 'Evaluasi Penanganan Bencana Alam' di Istana Negara, Jakarta (16/10/2018).

Kepala Negara telah meminta semua pihak untuk mencairkan dana bantuan itu dengan cepat dan baik. Yakni melalui satu prosedur dengan akuntabilitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

‎"Saya tidak mau, masyarakat merasa rumit, berbelit-berbelit dan harus segera dipangkas, disederhanakan tapi sekali lagi tanpa harus mengabaikan prinsip akuntabilitas keuangan," ujar Jokowi.

jokowi

(Baca juga: Kepala BNPB: Anggaran Rp1,1 Triliun untuk Korban Gempa Lombok Sudah Cair)

(Baca juga: Prioritas Penanganan pada Korban Gempa Lombok Terus Berkembang)

lombok

Ia menegaskan, akan terus memantau perkembangan pencairan dana bantuan gempa NTB dalam dua hari ke depan. Bahkan, Jokowi berencana akan mengecek langsung ke lokasi.

"Saya akan lihat nanti, hari Kamis ini kecepatan pencairan anggaran yang sudah diberikan ke warga itu seperti apa," ucapnya.

(wal)

Berita Terkait

gempa

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini