nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sutopo BNPB Dianugerahi 2 Penghargaan oleh Kominfo

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 10:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 16 337 1964584 sutopo-bnpb-dianugerahi-2-penghargaan-oleh-kominfo-pvf2nQhk5q.jpg Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mendapat 2 penghargaan dari Kominfo. (Foto: Twitter @Sutopo_PN)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan penghargaan kepada sembilan tokoh dan lembaga komunikasi dalam acara Anugerah Komunikasi Indonesia 2018. Kegiatan yang mengusung tema 'Komunikasi Cerdas dan Mencerahkan' ini digelar khusus untuk memberikan penghargaan kepada insan komunikasi di Tanah Air.

"Pemerintah memberikan apresiasi kepada tokoh yang mempunyai kontribusi luar biasa dalam bidang ini (komunikasi). Ada komunikasi kemanusiaan, komunikasi kebangsaan, literasi, dan banyak kategori lainnya," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Niken Widiastuti dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Selasa 16 Oktober 2018.

(Baca juga: Sutopo Penuhi Undangan Jokowi dengan Hati Gembira dan Bersyukur)

Presiden Jokowi dan Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Pemerintah juga memberikan anugerah kepada para tokoh yang dengan gigih dan konsisten menggerakkan komunikasi serta informasi. Mereka turut menyoroti penyebaran hoaks yang tengah menjadi masalah pelik di dunia komunikasi Indonesia.

Niken menegaskan bahwa pemerintah terus mengimbau agar masyarakat tidak menjadi bagian penyebar berita bohong. Masyarakat diminta selalu cerdas dalam memilah berita.

"Kita jangan ikut membuat (hoaks) dan jangan ikut menyebarkan. Banyak masyarakat aktif membuat konten dan diunggah di medsos, tapi ada yang baik, ada juga tidak baik; seperti menghasut, memfitnah, dan berita bohong," tambah Niken.

Ketua Pelaksana Anugerah Komunikasi Indonesia 2018 Dadang Rahmat Hidayah mengatakan, langkah pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan ini sangat baik di tengah kondisi komunikasi terkini. Apalagi malam penganugerahan ini memiliki banyak kategori, sehingga sebaran nilai-nilai komunikasi menjadi lebih unik dan luas.

(Baca juga: Raisa Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Sutopo BNPB)

(Foto: Twitter @Sutopo_PN)

Adapun para penerima Anugerah Komunikasi Indonesia 2018 yakni Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang menyabet dua penghargaan sebagai Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dan Communicator of The Year. Kemudian Kampung Cyber sebagai Komunitas Literasi Digital.

Selanjutnya ada Angkie Yudistia sebagai Tokoh Literasi Komunikasi Sosial, Muhammad TWH sebagai Tokoh Kurator Komunikasi Jurnalistik, Kasepuhan Cipta Gelar sebagai Komunikasi Komunikasi Haemoni Sosial, dan Pesantren Al Kasyaf sebagai Komunitas Pemberdayaan Komunikasi.

Lalu ada Michael Yarisetouw sebagai Penggiat Komunikasi Kepemudaan, George Arnold Awi sebagai Tokoh Komunikasi Kebangsaan, serta Mafindo sebagai Komunikasi Komunitas Literasi Digital.

Terima Kasih dari Sutopo

Terpisah, Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan terima kasih kepada wartawan atas dua penghargaan tersebut. Sebab, dua anugerah itu bisa diraih dikarenakan media selalu meliput tentang penanggulangan bencana di Indonesia.

"Media sangat penting dalam penanggulangan bencana karena media mampu mengubah politik, memengaruhi sikap dan perilaku masyarakat, dan media mampu menyelamatkan masyarakat dari bencana," ungkap Sutopo.

Sayangnya, Sutopo tidak bisa menerima secara langsung penghargaan tersebut karena tengah melakukan kemoterapi penyakit kanker paru-paru stadium 4B. Ia pun mendedikasikan penghargaan ini untuk semua insan kemanusiaan yang selalu hadir membantu korban bencana.

"Semua bergerak karena panggilan kemanusiaan. Saya hanya penyambung lidah dari semua yang dilakukan para pelaku kemanusiaan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini