nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak-Anak Korban Gempa Sulteng Kehilangan Orangtua, Menteri Yohana: Tak Perlu Adopsi

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 16:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 10 337 1962167 anak-anak-korban-gempa-sulteng-kehilangan-orangtua-menteri-yohana-tak-perlu-adopsi-RJV5Zb2xKO.jpg Yohana Yambise saat mengunjungi korban gempa Palu

PALU - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Yohana Yembise mengunjungi korban gempa di kampung Petobo Palu Sulawesi Tengah, Rabu (10/10/2018).

Kedatangan Yohana dalam rangka melihat langsung korban gempa yang berada di posko pengungsian. Termasuk anak-anak korban gempa.

Yohana mengatakan akan menyerahkan anak-anak yang kehilangan orang tuanya kepada pihak keluarganya. Menanggapi banyaknya warga yang ingin mengadopsi anak-anak, Yohana menilai terlalu jauh untuk ke sana.

"Ini saya pikir terlalu awal. Sebab untuk mengadopsi anak-anak kita ada aturannya. Ada yang atur undang-undang," kata Yohan saat ditemu Rabu (10/10).

Menurut Yohana mengadopsi anak-anak itu terlalu dini. Sebab masyarakat Indonesia memiliki budaya keluarga di mana seorang anak sejak kecil diasuh dan dibesarkan oleh kerabat dekatnya.

(Baca Juga: Polisi Buru Penyebar Hoaks Adopsi Anak Korban Gempa Palu di Makassar)

"Jadi kami akan mengatur anak-anak yang kehilangan orangtua akan diserahkan kepada kerabat. Adopsi anak-anak tidak masuk dalam agenda dan terlalu dini untuk ke sana," jelasnya.

Saat ini jumlah anak-anak yang kehilangan orang belum masuk kementerian PPPA. "Kami masih belum mendapat data-data karena ada yang belum memiliki orangtua. Kalau ada kita pakai cara kita berikan dulu ke keluargnya. Paman dan tante," ungkap Yohana.

(Baca Juga: Cerita Anak 6 Tahun Korban Gempa Palu yang Ingin Ikut Jokowi)

"Berapa banyak yang belum mendapat keluarganya. Maka akan disiapkan ke shelter shelter maka ada tindakan yang akan kami koordinasikan dengan kementerian sosial," kata Yohana

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini