nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala Daerah Kembali Ditangkap KPK, Mendagri: Menyedihkan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 10 337 1962135 kepala-daerah-kembali-ditangkap-kpk-mendagri-menyedihkan-tvJWbX8yul.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merasa prihatin atas terjeratnya Bupati Malang dalam kasus korupsi. Dimana tren korupsi dikalangan kepala daerah semakin meningkat.

“Memang menyedihkan ya bahwa trennya dari tahun ke tahun kok meningkat. Padahal KPK, kejaksaan sudah cukup intens,” ujar Tjhajo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Tjhajo mengakatan bahwa pihaknya selama ini sudah mengajak semua kepala daerah yang baru dilantikatau pun asosiasinya untuk datang ke KPK sebagai fungsi pencegahan korupsi.

“Fungsi pencegahan itu diutamakan. Saya ajak datang ke KPK supaya teman-teman gubernur, asosiasi, bupati, walikota itu tahu apa yang menjadi protap dan Korsupgah KPK,” terang dia.

KPK tetapkan Bupati Malang Rendra Kresna sebagai tersangka (Foto: Avirista/Okezone)

(Baca Juga: Bupati Malang Tersangka Gratifikasi Dana Alokasi Khusus 2011)

Seharusnya, sambung dia, pasca mendatangi KPK para kepala daerah tersebut lebih memahami area mana saja yang rawan dengan terjadi sebagai tindak pidana korupsi.

“Yang kedua, lebih intens untuk memahami area rawan korupsi yang berkaitan dengan perencanaan anggaran, perizinan, kemudian pajak dan retribusi mekanisme pemberian barang dan jasa,” tegas dia.

Oleh karena itu, meningkatnya tren korupsi kepala daerah Tjahjo menegaskan akan meningkatkan fungsi dari inspektorat untuk mencegah maraknya kasus korupsi.

"Mari fungsi inspektorat itu ditingkatkan jangan hanya karena urusan kecil-kecil kok harus KPK yang menyelesaikan. Tapi itu saya kira target KPK untuk membangun sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” tukas Tjahjo.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini