nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maman: Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet seperti Likuifaksi, Benamkan Kredibilitas Sejumlah Tokoh

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 09 337 1961765 maman-kasus-hoaks-ratna-seperti-likuifaksi-benamkan-kredibilitas-sejumlah-tokoh-EhlNwRbP07.jpg

JAKARTA - Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Maman Imanulhaq mengatakan, kasus kebohongan Ratna Sarumpaet seperti 'likuifaksi' yang menenggelamkan kredibilitas dan kehormatan para tokoh yang langsung percaya.

Menurutnya, para tokoh tersebut harusnya tidak langsung ikut menyebarkan kebohongan tersebut, tapi terlebih dulu melakukan cek dan ricek alias tabayyun.

"Kalau tidak tabayyun, tidak dicek data dan faktanya maka akan jadi umat yang hancur," kata Maman dalam diskusi di iNews, Selasa (9/10/2018). Menurut Maman, kasus ini harus diambil hikmahnya, bahwa jangan sampai terjebak pada informasi bohong.

(Baca juga: Agar Tak Ulangi Kebohongan, Ratna Sarumpaet Diminta Tetap di Dalam Tahanan)

Maman juga menyampaikan bahwa Pilpres adalah ajang yang harusnya berlandaskan akal sehat, yakni adanya ide dan gagasan.

Hendak Terbang ke Chile, Ratna Sarumpaet Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

"Tidak boleh ada hoaks, Erick Thohir mengatakan ini festival saja, yang harus bersahabat dan tidak boleh ada kebohongan, kalau hoaks jadi kampanye maka itu kemunduran akal sehat, ancaman bagi demokrasi," kata dia.

Menurut Maman, Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf sedih dengan munculnya kasus Ratna Sarumpaet. "Karena hoaks telah menghancurkan bukan hanya Ratna tapi orang emosional yang grasah-grusuh mempercayai drama itu," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini