nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selamat Ulang Tahun ke-49 Pak Sutopo, 'Tokoh yang Menginspirasi Kita Semua'

Bayu Septianto, Jurnalis · Minggu 07 Oktober 2018 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 07 337 1960653 selamat-ulang-tahun-ke-49-pak-sutopo-tokoh-yang-menginspirasi-kita-semua-GK7YiYZqG9.jpg Sutopo Purwo Nugroho.

JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho hari ini, Minggu (7/10/2018) berulang tahun yang ke-49. Layaknya sebuah lembaga atau institusi besar, perayaan hari ulang tahun Sutopo sudah dilakukan selama sepekan kemarin.

Dalam sepekan kemarin, sosok yang menjadi andalan masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar bencana alam ini mendapatkan dua kado terindah dalam hidupnya. Kado pertama yaitu berhasil berbincang dengan penyanyi idolanya, yakni Raisa Andriana.

Twitter

Momen pertemuan Raisa dan Sutopo akhirnya terjadi pada Rabu 3 Oktober 2018. Kala itu, Sutopo yang sedang menggelar jumpa pers terkait penanganan gempa bumi dan tsunami Palu dan Donggala didatangi oleh sesosok perempuan berjilbab.

"Pak Sutopo ada video call dari Raisa," ujar perempuan tersebut.

Sutopo yang kala itu sedang berbincang-bincang dengan wartawan langsung mengambil handphone dan menyapa Raisa. Dalam percakapan singkat itu, Sutopo tak hanya menyampaikan rasa kagumnya kepada Raisa tetapi juga berpesan agar Raisa menjaga kesehatannya.

(Baca juga: Jokowi Bangga dengan Sutopo BNPB: Kondisi Beliau yang Sakit Menginspirasi Kita Semua)

Raisa pun membalas doa yang disampaikan Sutopo. "Bapak juga semangat terus ya," balas Raisa.

"Take care," ‎jawab Sutopo yang disambut riuh oleh para wartawan yang hadir.

Kado terindah kedua yaitu pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah itu yakni mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan ini digelar di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat 5 Oktober 2018. Dalam pertemuan itu, alangkah senangnya Sutopo bisa bersalaman langsung dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Sutopo bertemu Jokowi.

Kebahagian bertambah ketika ia mendapatkan hadiah ulang tahun dari Jokowi, yakni foto bersama yang sudah ditandatanganinya.

Sutopo mengungkapkan, hadiah foto tersebut merupakan hadiah terindah yang pernah diterimanya menjelang hari ulang tahunnya pada Minggu 7 Oktober 2018. "Dan saya diberikan foto dan tandatangan langsung Bapak Presiden. Ini kado terindah menjelang ulang tahun tanggal 7," kata Sutopo usai bertemu Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat 5 Oktober 2018.

Sutopo berbincang banyak hal dengan Jokowi, salah satunya mengenai penyakit yang sedang dilawannya yaitu kanker paru-paru stadium 4B. Jokowi, bahkan terkejut saat mengetahui Sutopo tengah berjuang melawan penyakitnya. Jokowi cukup terkejut mengetahui bahwa di tengah gangguan kesehatan yang dialami oleh Sutopo, dirinya tetap mampu mendedikasikan diri dalam pekerjaannya melayani masyarakat.

"Ini saya kira sangat menginspirasi kita semuanya bahwa dalam kondisi sedang sakit masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya dalam sekian tahun ini," tutur Jokowi.

Data BNPB: 832 Korban Gempa Palu Meninggal Dunia

Hari ini mungkin akan menjadi puncak perayaan ulang tahun Sutopo. Pada pagi hari ini saja, ucapan terus disampaikan tak hanya melalui akun Twitter, tetapi juga melalui grup Whatsapp yang berisi para jurnalis dari seluruh Indonesia.

Sosok yang tak kenal lelah ini bahkan mengatakan dirinya tetap akan bekerja menyampaikan informasi terkini terkait penanganan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah pada hari ini, meski hari ini merupakan hari libur dan hari kelahirannya.

"Hai netizen, besok (hari ini) saya ulang tahun, tetapi saya tetap melaksanakan tugas, menyelenggarakan konferensi pers di kantor BNPB, update terkini tentang penangangan bencana di Sulawesi Tengah, datang ya," ucap Sutopo di akun Instagramnya, @sutopopurwo yang diunggah, Sabtu 6 Oktober 2018 kemarin.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini