Bertemu Kepala Eksekutif Afghanistan, Jokowi Ceritakan Gempa-Tsunami Palu

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 04 Oktober 2018 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 04 337 1959565 bertemu-kepala-eksekutif-afghanistan-jokowi-ceritakan-gempa-tsunami-palu-K8zo81MI2S.jpg Jokowi saat meninjau penanganan gempa dan tsunami di Palu. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Kepala Eksekutif (Chief Executive) Afghanistan Abdullah ke Indonesia. Saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Abdullah menyampaikan turut berbelasungkawa atas gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Jokowi berterima kasih atas perhatian yang ditunjukkan pemerintah Afghanistan terhadap bencana yang menimpa Indonesia. Jokowi bercerita bahwa dirinya baru saja kembali dari Palu, melihat langsung kondisi korban gempa dan tsunami di sana.

Kenakan Jaket Loreng TNI, Presiden Jokowi Tinjau Korban Gempa Palu

"Kemarin saya baru saja dari Palu dan kerja keras terus dilakukan untuk membantu korban dan keluarga serta membantu mereka untuk memulai hidup normal kembali," kata Jokowi saat bertemu Abdullah, Kamis (4/10/2018).

(Baca juga: Cerita Anak 6 Tahun Korban Gempa Palu yang Ingin Ikut Jokowi)

Kepada Abdullah, Jokowi menyampaikan bahwa korban meninggal dunia dalam musibah itu sudah mencapai 1.300 orang lebih. "Sampai kemarin korban sudah mencapai 1.300 orang yang meninggal," ujar dia.

Kenakan Jaket Loreng TNI, Presiden Jokowi Tinjau Korban Gempa Palu

Sementara itu, Abdullah mengucapkan sambutan yang dilakukan pemerintah atas kunjungannya ke Tanah Air. Ia bersimpati atas bencana alam yang terjadi di Sulteng tersebut.

(Baca juga: Status Netizen di 2015 Soal Jembatan Kuning di Palu Jadi Kenyataan)

"Kunjungan Anda (Jokowi) pada Januari dan kunjungan Presiden Ghani ke sini telah membuka beragam harapan kerja sama antara dua negara. Saya bahagia ada di sini untuk menindaklanjuti dan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan," ucapnya.

Abdullah menyampaikan Presiden Afghanistan juga menyampaikan salam dan pesan duka cita kepada para korban dalam bencana gempa dan tsunami tersebut.

"Dan semalam saya diundang oleh KADIN dan melakukan pertemuan yang baik dengan pemimpin bisnis dan sejumlah perwakilan," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini