PPP Imbau Ratna Sarumpaet untuk Lapor ke Polisi

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 03 Oktober 2018 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 03 337 1958880 ppp-imbau-ratna-sarumpaet-untuk-lapor-ke-polisi-iKkEtffDkW.jpg Ratna Sarumpaet (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Ratna Sarumpaet diduga dikeroyok oleh segerombolan orang tidak dikenal di Bandung, Jawa Barat pada 21 September 2018 lalu. Namun sayangnya usai mengalami peristiwa nahas itu, ia enggan melaporkan kejadian itu ke polisi.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengimbau kepada Ratna Sarumpaet untuk segera melaporkan peristiwa itu ke aparat penegak hukum. Hal tersebut agar membuka kasus itu menjadi terang benderang.

"Ya harus laporkan ke polisi. Kita berikan kepercayaan kepada aparat hukum untuk mengusut tuntas," lata Baidowi kepada Okezone, Rabu (3/10/2018).

(Baca juga: Polisi Sarankan Ratna Sarumpaet Melapor Jika Benar Dianiaya OTK)

Baidowi meyakini kalau jajaran Korps Bhayangkara itu akan bertindak sesuai dengan koridor dan bukti-bukti yang ada dalam menangani kasus dugaan pengeroyokan itu. Sebab, bila benar terjadi di kawasan bandara maka akan memudahkan aparat dalam mencari pelaku aksi tak terpuji tersebut.

"Kepolisian saya kira akan bertindak sesuai koridor hukum yang ditentukan karena tidak mungkin sudah misalkan kalau dia jadi korban, kalau jadi korban gitu. Ya banyak orang di bandara," jelasnya.

Menurut dia, bila Ratna tak melaporkan peristiwa penganiayaan maka akan menimbulkan beragam spekulasi di masyarakat. Sebab ia melihat ada beberapa oknum yang ingin melakukan politisasai dari kejadian tersebut,

"Jadi lebih baik Ibu Ratna kalau memang jadi korban, mari laporkan. Supaya tidak timbul duga menduga. Ini kan diduga seolah-olah karena dia berseberangan dengan Pak Jokowi," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap Aktivis sosial Ratna Sarumpaet yang diduga dianiaya oleh Orang Tak Dikenal (OTK) dikawasan Bandung.

"Ya kami akan datangi kediaman beliau (Ratna Sarumpaet) dan kami tanya (soal penganiayaan)," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Kendati begitu, Setyo belum merinci kapan jadwal pemeriksaan penyelidik terhadap ibunda dari aktris cantik Atiqah Hasiholan tersebut. Pasalnya, kata Setyo, Polda Jawa Barat (Jabar) masih melakukan pemeriksaan di Bandung.

"Ini masih dicek. Dirkrimum mau ngecek untuk meminta cek (keterangan)," tutur Setyo

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini