nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akui Bertemu PM Israel, JK: Bahas Perdamaian Palestina

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 19:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 02 337 1958767 akui-bertemu-pm-israel-jk-bahas-perdamaian-palestina-m3f9iQV1Pw.jpg Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengakui sempat bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sela Sidang Majelis Umum Perserikatan (PBB) di New York, Amerika Serikat. Namun, Kalla menegaskan pertemuan tersebut bukanlah rahasia.

Kalla menjelaskan, acara PBB tersebut dihadiri 190 punggawa negara dari berbagai belahan dunia, mulai dari presiden, wakil presiden, perdana menteri dan lain sebagainya. Dalam kesempatan itu, ia tidak bisa menghindari pertemuan dengan siapapun, termasuk Netanyahu.

"Banyak acara bersamaan. Jadi ketemu dengan siapa saja masak ditolak, tiba-tiba saya menghindar. Coba itu. Yang penting untuk mengetahui itu sebenarnya apa pikirannya," katanya di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Kalla menuturkan, pertemuannya yang tidak disengaja dengan Netanyahu membahas soal perdamaian Israel-Palestina. Ia menegaskan pertemuan itu tidak bersifat pribadi ataupun rahasia.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (Foto: Dok Okezone)

"Kita bicara-bicara soal perdamaian. Itu biasa saja di PBB karena itu multilateral. Tidak ada pertemuan pribadi. Tidak ada atur pertemuan. Bicara tentang perdamaian saja, bagaimana sikap dia. Apa yang kita bisa bantu untuk posisi Palestina bagaimana, Israel bagaimana. Itu bukan rahasia pertemuannya," jelas Kalla.

Sebelumnya, media daring The Jerusalem Post mengunggah sebuah berita berjudul "Netanyahu Met with Indonesian Vice President". Pertemuan tersebut disebut dilakukan secara tertutup, namun media Radio Tentara Israel melaporkan pertemuan itu.

"Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melakukan pertemuan rahasia dengan Wakil Presiden Indonesia di New York," demikian diberitakan The Jerusalem Post, Minggu 30 September 2018.

(Baca Juga : JK Diberitakan Bertemu PM Israel di New York, Ini Kata Jubir Wapres)

Dalam pemberitaan itu disebutkan Indonesia memang tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi dengan Israel, namun kedua negara memiliki kerja sama perdagangan dan pariwisata.

(Baca Juga : Menlu RI: UU Negara Bangsa Yahudi Israel Ingkari Hak Warga Palestina)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini