nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Bantuan Asing Difokuskan untuk Rehabilitasi-Rekonstruksi Sulteng

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 18:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 02 337 1958742 jk-bantuan-asing-difokuskan-untuk-rehabilitasi-rekonstruksi-sulteng-PK64jfFqsh.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pemerintah saat ini tengah mempertimbangkan masuknya bantuan asing pascabencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bila nanti sudah diterima, bantuan tersebut bisa digunakan langsung untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayah terdampak bencana.

"Ya lagi dibicarakan karena memang ini kita harus pertimbangkan supaya bisa dipakai langsung, maka kita lebih memfokuskan untuk bantuan asing untuk rehabilitasi dan rekonstruksi. Sama dengan waktu di Aceh," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

 Pascagempa dan tsunami Palu

JK mencontohkan, pihak asing yang memberikan bantuan nantinya bisa membuat 500 rumah di wilayah terdampak bencana. "Bahwa ini negara A, ini negara B. Jadi, bersifat program, tidak hanya dalam tanggap darurat. tapi tanggap darurat juga boleh selama itu memenuhi kebutuhan kita," ucap dia.

(Baca Juga: JK Jadi Komandan Penanganan Gempa Sulteng, Fahri: Tolong Ambil Inisiatif)

Sementara itu, sambung JK, pemerintah menolak bantuan dari pihak asing apabila bentuknya berupa pengiriman pasukan dan kapal rumah sakit. Pasalnya, pemerintah Indonesia masih cukup memadai dengan hal itu.

"Nggak, kita tidak terima itu (pasukan). Mereka minta mau kirim RS, kapal RS, cukup kita. Kan pengalaman di Aceh dulu, yang mau naik kapal RS itu hanya lima pasien," ujar JK, yang juga didapuk sebagai komandan penanganan gempa Sulteng.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini