nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK Jadi Komandan Penanganan Gempa Sulteng, Fahri: Tolong Ambil Inisiatif

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 18:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 02 337 1958727 jk-jadi-komandan-penanganan-gempa-sulteng-fahri-tolong-ambil-inisiatif-9BeUoQUuLV.jpg Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah setuju atas sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menunjuk Jusuf Kalla (JK) sebagai komandan dalam penanganan dampak gempa di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Fahri memandang, sosok JK sudah memiliki pengalaman dalam menangani persoalan bencana alam ketika menjabat sebagai wakil presiden (wapres) tahun 2004 silam.

"Sebaiknya Pak JK yang memimpin penanganan bencana ini, karena Pak JK berpengalaman waktu tsunami. Dua bulan waktu habis dilantik tsunami Aceh meledak, dan alhamdulillah relatif kesannya baik sampai sekarang. Tsunami aceh itu penanganannya itu excellent," ungkap Fahri, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, (2/10/2018).

evakuasi korban gempa 

Fahri memandang, ketika saat era JK menjabat sebagai wapres dan kemudian bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kala itu langsung melakukan penanganan korban gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004 bisa berjalan baik.

“Dua bulan waktu habis dilantik tsunami aceh meledak, dan alhamdulillah relatif kesannya baik sampai sekarang. Tsunami aceh itu penanganannya itu excellent,” terang dia.

(Baca Juga: 61.867 Orang Mengungsi Akibat Gempa Palu, Kebutuhan Dasar Belum Terpenuhi)

Tak hanya itu, sambung Fahri, ketika tsunami Aceh, SBY pun langsung membuat satu kebijakan open sky policy. Di mana, langit Aceh dan Indonesia secara umum boleh diterbangkan oleh pesawat apapun demi untuk memberikan bantuan.

"Sementara ini, kita terisolasi di Sulawesi kok tidak ada gitu loh terobosan-terobosan. Tolong Pak JK ambil inisitif. Saya lebih setuju Pak JK yang mengambil tugas hari-hari menangani bencana di NTB dan Sulteng ini," tandasnya.

 Evakuasi

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menunjuk Wapres JK sebagai komandan dalam penanganan gempa di Sulteng.

“Pada pagi ini, saya sampaikan sekalian agar penanganan korban tsunami yang ada di Palu, Donggala, Sigi, Parigi Moutong dikoordinasi oleh Pak Menko Polhukam dan dikomandani langsung oleh Pak Wakil Presiden," ujar Jokowi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini