DPR Apresiasi Langkah Cepat Pemerintah Tangani Bencana di Sulteng

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 02 Oktober 2018 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 02 337 1958505 dpr-apresiasi-langkah-cepat-pemerintah-tangani-bencana-di-sulteng-GI0dpFVlV1.jpg Korban gempa Palu. (Foto: Ist)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengapresiasi kinerja pemerintah yang bergerak cepat dalam melakukan penanganan terhadap korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

"Yang perlu kami sampaikan bahwa sesungguhnya pemerintah sudah sangat cepat tanggap di dalam melakukan tindakan tanggap darurat terhadap gempa yang terjadi Sulawesi Tengah tersebut," ungkap Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

(Baca juga: Warga Palu: Kami Tidak Tahu Nanti Mau Makan Apa)

Ia tetapi memiliki beberapa catatan yang harus diperhatikan pemerintah. Pertama, pemerintah bersama pihak terkait diharapkan segera mengambil tindakan evakuasi di daerah yang masih terisolasi pascagempa dan tsunami.

"Evakuasi ini tentu memerlukan alat berat. Kedua, juga memerlukan aksesibilitas bagi Basarnas, BNPB, relawan untuk memastikan evakuasi korban tersebut segera dilakukan," terangnya.

Tsunami Palu. (Foto: AP)

Selain itu, lanjut Ace, pemerintah diharapkan tidak hanya berfokus pada proses evakuasi, tetapi juga memerhatikan tempat pengungsian serta distribusi makanan harus merata untuk para korban. Kemudian wajib diperhatikan juga memberikan kemanan dan kenyamanan.

"Kenapa itu penting? Karena ini menyangkut dengan rasa keamanan mereka, sebab kita tahu gempa susulan masih sering terjadi," beber dia.

(Baca juga: Jokowi: SPBU Portabel Dikerahkan ke Palu dan Sekitarnya)

Selain itu, Ace mengajak seluruh masyarakat dapat bergotong royong untuk saling membantu guna meringankan korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Jadi tentu ini membutuhkan solidaritas kita semua dari semua rakyat Indonesia untuk sama-sama membantu warga yang sekarang sedang menjadi korban di Sulteng," jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini