Sulteng Diterjang Tsunami, Raja Salman Langsung Telepon Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 02 Oktober 2018 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 02 337 1958463 sulteng-diterjang-tsunami-raja-salman-langsung-telepon-jokowi-ueYaaGUkAe.jpg Raja Salman bersama Presiden Jokowi

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa banyak kepala negara lain yang ingin membantu Indonesia dalam penanganan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Banyak sekali yang menyampaikan keinginannya untuk membantu, ini menunjukkan teman kita banyak, kawan kita dari negara lain banyak, dan mereka akan kirim (bantuan)," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Jokowi memaparkan, bantuan asing itu akan datang dari negara-negara sahabat seperti Arab Saudi, Turki, hingga Australia. Bahkan, ia mendapat telepon langsung dari Sri Baginda Raja Salman, dan Erdogan.

"Kemarin Sri Baginda Raja Salman menelepon saya langsung, Presiden Erdogan Turki telepon saya langsung, kemudian PM Australia WA saya langsung," lanjutnya.

Presiden Turki Erdogan

(Baca Juga: Palu dan Donggala Sudah Diguncang 321 Kali Gempa Susulan)

"Kemudian kepala negara lainnya yang menyampaikan pada saya secara langsung, intinya ingin membantu," sambung Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun telah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto untuk memimpin langsung penanganan bantuan asing tersebut.

"Mereka menanyakan apa yang diperlukan, hari ini saya sudah perintahkan pada Menko (Polhukam) untuk diidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan apa, nanti baru kita sampaikan pada negara yang ingin membantu," tandas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini