nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

114 WNA di Palu dan Donggala saat Gempa, Beberapa Belum Ditemukan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 16:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 337 1958114 114-wna-di-palu-dan-donggala-saat-gempa-beberapa-belum-ditemukan-e7wC3eeb9n.jpg Sutopo Purwo Nugroho.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 114 warga negara asing (WNA) yang berada di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, saat gempa bumi dan tsunami melanda daerah tersebut. Saat ini, mayoritas dari WNA itu sudah berada dalam kondisi aman.

"Data yang kita peroleh 114 orang WNA yang sedang berada di Palu dan Donggala saat terjadi gempa dan tsunami," kata Kepala Humas dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat konferensi pers di kantornya, Pramuka, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

Sutopo merinci, sebanyak satu orang warga asal Singapura sudah dievakuasi ke Jakarta dalam kondisi selamat. Sedangkan satu dari dua orang warga Belgia sudah dievakuasi ke Jakarta dan satu lainnya belum diketahui keberadaannya.

Sementara itu, seorang warga asal Korea Selatan juga belum diketahui keberadaannya. Diduga orang tersebut tertimbun reruntuhan Hotel Roa-Roa Palu yang hancur diguncang gempa.

Update Korban Gempa Palu & Donggala: 844 Meninggal 632 Luka Berat

"Satu warga Korsel kondisinya belum diketahui diduga posisi berada di bawah reruntuhan Hotel Roa-Roa Palu yang runtuh. Kemarin Basarnas menemukan satu korban perempuan tapi bukan warga Korea," ungkap Sutopo.

(Baca juga: Hati-Hati Ada Praktik Hipnotis Berbalut Modus Sumbangan Gempa Palu)

Sutopo melanjutkan, ada enam orang warga Prancis yang hingga kini belum diketahui keberadaannya. Lalu, ada satu warga Spanyol sudah berhasil dievakuasi ke Ternate, Maluku, dalam kondisi selamat.

Selain itu, sambung dia, ada tiga warga Malaysia yang sudah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Sedangkan 10 orang warga Vietnam pun sudah berhasil dievakuasi menggunakan pesawat Hercules ke Makassar.

"32 warga Thailand ada di Palu, 15 di bandara dan 17 menunggu evakuasi. Sedangkan 21 warga Tiongkok ada di hotel Best Western Palu kondisinya aman. Tujuh warga Srilangka dalam kondisi aman. Sembilan warga Belanda kondisinya aman dan berada di Donggala," ujarnya.

"20 warga asal Jerman saat ini dua orang di bandara, satu orang sudah aman, 17 orang sudah aman di Donggala. Lalu, satu orang asal Swiss di Donggala sudah aman," tutup Sutopo.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini