nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Korban Gempa Palu-Donggala, Mendagri Perintahkan Kepala Daerah Patungan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 16:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 337 1958113 bantu-korban-gempa-palu-donggala-mendagri-perintahkan-kepala-daerah-patungan-fPpuwFzIvc.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memerintahkan para kepala menyisihkan anggaran bencananya alias ‎patungan untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Perintah tersebut telah disampaikan Tjahjo kepada kepala daerah pada Jumat, 28 September 2018.

"Kami sudah membuat radiogram hari jumat kepada semua daerah satu, bahwasanya radiogram itu sebagai payung hukum bahwasanya daerah bisa mengeluarkan anggaran bencananya. Sisihkanlah anggaran bencana itu untuk disumbangkan kepada sodara kita yang kena musibah‎," kata Tjahjo saat menyambangi kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (1/10/2018).

 Gempa-Tsunami Palu dan Donggala

Tjahjo mengungkapkan, sejak perintah tersebut dipublikasikan, sejumlah kepala daerah langsung mengeluarkan anggaran bencananya untuk para gempa di Sulawesi Tengah. Di antaranya, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

"Maka Gorontalo, Sulawesi Barat, sama Sul-Sel yang pertama, kemudian menyusul KalTim, Jawa Timur, sekarang sudah gotong royong semuanya,"‎ jelasnya.

Sekadar informasi, gempa berkekuatan 7,4 SR sempat mengguncang Sulawesi Tengah‎ pada Jumat, 28 September 2018, sore. Gempa tersebut menimbulkan tsunami atau gelombang tinggi di bagian pesisir Kabupaten Donggala, Mamuju Utara, dan Palu.

 Tsunami Palu

Berdasarkan laporan terakhir dari BNPB, sudah ada 844 korban tewas akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Sementara itu, 540 korban luka berat masih dirawat di rumah sakit dan hampir seluruh bangunan di Kota Palu hancur.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini