nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Ada Praktik Hipnotis Berbalut Modus Sumbangan Gempa Palu

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 16:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 337 1958111 hati-hati-ada-praktik-hipnotis-berbalut-modus-sumbangan-gempa-palu-HsXqyNVauB.jpg Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto (foto: Okezone)

JAKARTA - Lini masa dihebohkan dengan pesan berantai yang menyatakan bahwa adanya praktik hipnotis berbalut modus meminta bantuan sumbangan, untuk korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Salah satu yang viral di media sosial masyarakat adalah adanya dua orang yang ke rumah warga di Rantau Bungur, Kalimantan Selatan. Dari foto yang beredar, dua orang tersebut membawa map dan sedang menuju ke rumah-rumah warga.

"Ya informasinya seperti itu tapi sumber informasinya perlu dicek kembali," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto dikantornya, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Setyo menyebut dengan adanya dugaan tersebut, maka akan menjadi peringatan akan kewaspadaan masyarakat dalam menyalurkan bantuan kepada penyitas gempa bumi dan tsunami.

"Bagus juga untuk meningkatkan kewaspadaan di masyarakat. Kalau ada orang-orang yang mengaku-mengaku untuk menyumbang bencana sebaiknya kita lebih waspada," ucap Setyo.

 sumbangan

Oleh sebab itu, Setyo mengimbau, kepada warga yang hendak menyalurkan uluran tangan kepada saudara di Sulteng, agar menyumbang dan mengirimkan bantuan agar disalurkan ke jalur resmi dan organisasi terpercaya.

"Kalau mau nyumbang silakan ke posko atau ke tempat yang sudah ditetapkan. Apakah itu dari organisasi kemasyarakatan, organisasi politik atau pun TNI Polri yang membantu memberangkatkan barang bantuan," tutur Setyo.

Terkait adanya informasi pelaku kejahatan dengan modus meminta sumbangan tersebut, Setyo menuturkan hingga kini pihaknya akan melakukan pengecekan kembali. Jika hal tersebut terjadi maka pihaknya akan melakukan penindakan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini