nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Panggil Dubes Bahas Pemberian Bantuan Asing untuk Korban & Tsunami Palu

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 14:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 337 1958037 wiranto-panggil-dubes-bahas-pemberian-bantuan-asing-untuk-korban-tsunami-palu-uAdi0veg5i.jpg Wiranto. (Foto: Fahreza R/Okezone)

JAKARTA - ‚ÄéMenko Polhukam Wiranto memanggil para duta besar (dubes) yang tengah berada di Indonesia untuk membahas skema bantuan asing yang akan diberikan kepada para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Selatan.

"Negara yang menawarkan (bantuan) sudah banyak, banyak sekali, mulai dari Asean maupun dari negara kawasan Eropa dan Amerika," ujar Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Korban Meninggal Akibat Gempa & Tsunami di RS Bhayangkara Palu Berjumlah 261 Jiwa

Wiranto melanjutkan, pihaknya akan merapatkan bagaimana mekanisme bantuan dari pihak asing tersebut. Hal itu dikarenakan pemerintah juga memiliki target untuk penanganan para korban bencana alam.

(Baca juga: BNPB: Bantuan Asing Bisa Diterima meski Gempa di Sulteng Bukan Bencana Nasional)

"Hari ini kita memanggil para dubes untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan dan kita juga sudah punya target-target, hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu," paparnya.

Mantan Panglima ABRI itu menegaskan, pemerintah tidak bicara soal penetapan bencana gempa dan tsunami di Sulteng sebagai bencana nasional dalam rapat ini.

"Bukan-bukan, ini tidak bicara status, ini bicara soal kebutuhan," kata Wiranto.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini