BNPB: Bantuan Asing Bisa Diterima meski Gempa di Sulteng Bukan Bencana Nasional

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 01 Oktober 2018 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 01 337 1958008 bnpb-bantuan-asing-bisa-diterima-meski-gempa-di-sulteng-bukan-bencana-nasional-s5kGGihyi9.jpg Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah bukan merupakan bencana nasional, meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempersilakan dunia internasional memberikan bantuan.

Sutopo menyatakan telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang memberikan informasi bahwa Kepala Negara telah mempersilakan negara lain memberikan bantuan atas bencana alam tersebut.

(Baca juga: Jokowi Persilakan Negara Lain Bantu Palu dan Donggala)

"Saya baru saja japri dengan Bu Menlu di New York. Beliau mengatakan bahwa Presiden telah menyatakan menerima bantuan internasional sesuai kebutuhan kita. Artinya kita 'welcome' dengan tawaran internasional," ungkap Sutopo di Jakarta, Senin (1/10/2018).

Ia menerangkan bahwa koordinasi bantuan internasional akan diambil alih oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Sehingga, dia yang akan memutuskan bagaimana mekanisme dari pemberian bantuan asing tersebut.

"Mekanisme dan prosedur sedang disiapkan BNPB dan Kemenlu sesuai dengan peraturan yang ada," Jelas Sutopo.

(Baca juga: Tsunami Palu, BNPB Siapkan Mekanisme Terima Bantuan Internasional)

Dia menerangkan bahwa bantuan asing juga dapat diterima meskipun status bencana gempa bumi dan tsunami di Sulteng bukan merupakan bencana nasional.

"Declare bantuan internasional itu tidak harus status bencana nasional. Presiden tidak men-declare status bencana nasional. Jadi, gempa dan tsunami di Sulteng bukan bencana nasional," terangnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini