DPR: Petinggi DKI dan Jabar Harus Pelopori 'Gathering' The Jakmania dan Viking

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 28 September 2018 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 28 337 1956667 dpr-petinggi-dki-dan-jabar-harus-pelopori-gathering-the-jakmania-dan-viking-P10bOo57Rz.jpg DPR (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid meminta para ‎petinggi DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) ikut mendamaikan dua suporter sepakbola, yakni The Jakmania dan Viking yang sudah sejak lama bertikai.

Salah satu cara ampuh yang bisa mendamaikan kedua suporter tersebut, kata politikus Gerindra itu, dengan memfasilitasi 'gathering' atau pertemuan bersama antara The Jakmania dan Viking. Gathering terebut diinisiasi oleh kepala daerahnya masing-masing.

"Petinggi DKI dan Jabar harus pelopori acara gathering Viking dan Jakmania. Buat program-program kebersamaan kerukunan antara Viking dan The Jakmania," ujar Sodik kepada Okezone, ‎Jumat (28/9/2018).

 Haringga Sirla

Tak hanya itu, Sodik juga meminta agar seluruh asoisiasi yang berkecimpung di liga Indonesia dapat memberikan pembinaan serta edukasi tentang sportivitas kepada seluruh suporter klub-klub di Indonesia. Terutama, suporter yang fanatisme terhadap klub sepakbolanya tinggi.

"Lakukan edukasi tentang sportivitas dalam berolahraga. Lakukan peningkatan pengawasan acara-acara ‎pertandingan sepakbola kerjasama aparat, dengan Viking dan The Jakmania," terangnya.

Diketahui sebelumnya, suporter Persija Jakarta -The Jakmania-‎ Haringga Sirla tewas setelah dikeroyok oleh suporter Persib Bandung -Viking- di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada Minggu, 23 September 2018.

Haringga tewas saat hendak menyaksikan klub kebanggaannya, Persija Jakarta bermain melawan Persib Bandung. Hingga kini, jajaran kepolisian baru menetapkan delapan orang tersangka pengeroyokan Haringga. (Ari)

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini