nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkuat Ideologi Melalui Pelatihan Jubir Pancasila

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 23 September 2018 12:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 23 337 1954392 perkuat-ideologi-melalui-pelatihan-jubir-pancasila-UG27LXYiTd.jpg ilustrasi

JAKARTA - Komunitas Bela Indonesia (KBI) melakukan pelatihan juru bicara Pancasila di Banten. Pasalnya, belakangan ini ideologi bangsa Indonesia dinilai semakin memudar.

Koordinator KBI Anick HT mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk keprihatinan lantaran menguatnya politisasi agama yang membuktikan falsafah kebangsaan mulai tergerus.

"Hal tersebut ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran dan penguatan Pancasila sebagai ideologi yang tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat," kata Anick, Sabtu (22/9/2018).

Ia melanjutkan, pelatihan juru bicara Pancasila akan diadakan di 25 provinsi. Adapun pelatihan sesi kedua ini dilaksanakan di Banten dengan sistem rekruitmen peserta yang dibuka secara online di medsos.

Selanjutnya, terjaring 62 orang yang melakukan registrasi online dan sebagaimana ketentuan panitia seleksi, yang hanya memilih 40 orang untuk mengikuti pelatihan. Para peserta ini terdiri dari berbagai kalangan seperti akademisi, aktivis mahasiswa, penceramah, guru, jurnalis dan aktivis kemanusiaan.

Selain itu, KBI juga telah memproduksi buku rujukan utama berjudul Rumah Bersama Kita Bernama Indonesia, yang ditulis oleh Denny JA dan Tim.

Anick memaparkan, pelatihan juru bicara Pancasila ini akan mempertemukan kaum muda lintas agama dalam satu kemah bersama untuk merekatkan dan menjembatani anak-anak muda serta generasi milenial dengan latar belakang yang beragam untuk berinteraksi dan memperbincangkan keberagaman.

"Selain penguatan isu kebangsaan, mereka juga akan dilatih skill penulisan, berdebat serta manajemen media sosial," imbuhnya.

Menurut dia, pengelolaan medsos menjadi point penting dalam pelatihan ini karena alumni pelatihan komunitas Bela Pancasila akan melakukan kerja-kerja dan kampanye kebangsaan dalam bentuk aksi nyata sehingga pelatihan ini tak berhenti di ruangan saja.

"Tetapi juga bisa aplikatif di lapangan, bahkan diharapkan mampu menginspirasi orang lain untuk turut menjaga Indonesia sebagai rumah bersama yang damai," terangnya.

Sebelumnya KBI telah menghelat pelatihan perdana untuk wilayah Jabodetabek pada 31 Agustus hingga 3 September kemarin di Hotel The Rizen, Bogor. Pada saat yang bersamaan dengan jadwal Pelatihan di Banten, Pelatihan Juru Bicara Pancasila juga tengah dilaksanakan di Palu, Sulawesi Tengah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini