Budiman Sudjatmiko: Abad 21 Kerja Harus Pakai Data, Bukan Mitos!

Achmad Fardiansyah , Okezone · Kamis 20 September 2018 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 20 337 1953416 budiman-sudjatmiko-abad-21-kerja-harus-pakai-data-bukan-mitos-RGevcuaRX2.jpg Budiman Sudjatmiko (Ist)

JAKARTA - Indonesia harus memanfaatkan potensinya untuk berada di barisan depan dalam menghadapi revolusi industri.

Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko menyampaikan, potensi tersebut nampak ketika 200 inovator dari berbagai disiplin keilmuan mau bergabung dalam gerakan Inovantor 4.0. Mereka yang bergabung dalam mewujudkan gerakan ini adalah para politikus progresif, pendidik, dan wirausahawan sosial.

Anggota Komisi II DPR RI itu menyampaikan, Inovator 4.0 adalah kelompok yang menyadari perkembangan alat bisa jauh lebih cepat dari ide.

"Makanya kita enggak mau manusia yang punya ide ini tertinggal. Amerika punya Silicon Valley, China ada Alibaba. Apa ekspresi teknologi dari Pancasila? Inovator mau mencari tahu soal itu," ujar Budiman dalam acara deklarasi Inovator 4.0 di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018) malam.

Kehadiran Inovator 4.0, sambungnya, jadi modal penting mewujudkan pembangunan yang berlandaskan data akurat. Membangun Indonesia dengan data menurut dia bisa diwujudkan dengan menguasai ilmu pengetahuan dan menggabungkannya dengan jaringan sosial.

"Abad 21, kerja harus pakai data, bukan mitos. Karena data adalah data, dirangkai jadi cerita. Mereka yang mencerdaskan individu dan perkakas harus bersatu," kata Budiman.

Dalam acara deklarasi Inovator 4.0 juga menyinggung mengenai pentingnya RUU Pengelolaan Pemerintahan Kecerdasan Buatan sekaligus meluncurkan #2019WarasBareng.

Hadir sebagai pemateri diskusi, Sabda PS selaku founder Zenius Education, Mariya Mubarika penggagas revisi UU Pendidikan Kedokteran, Cyril Raoul Hakim selaku wirausaha sosial dan lainnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini