Share

Catatan Peristiwa 19 September: Belanda Kibarkan Bendera di Surabaya

Agregasi Solopos, · Rabu 19 September 2018 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 19 337 1952466 catatan-peristiwa-19-september-belanda-kibarkan-bendera-di-surabaya-1K0xFYAZ4k.jpg Perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato Surabaya pada 10 November 1945. (Foto: Wikimedia.org)

SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 19 September. Pemasangan bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur, yang memicu kemarahan para pemuda di sana merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada tanggal hari ini.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 19 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

634

Pasukan Kekhalifahan Rashidun pimpinan Khalid bin Al Walid berhasil merebut wilayah Damaskus dari kekuasaan pasukan Kekaisaran Bizantium yang dipimpin Thomas. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Kekhalifahan Rashidun setelah melakukan pengepungan selama hampir sebulan.

1356

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Poitiers di Nouaille-Maupertuis, Vienne, selatan Poitiers, Prancis. Pada salah satu pertempuran dalam Perang 100 Tahun itu, pasukan Prancis harus kehilangan sekira 2.500 tentara yang tewas dan sedikitnya 2.000 tentara yang ditangkap pihak Inggris. Kemenangan Inggris itu merupakan kemenangan terbesar ketiga semasa Perang 100 Tahun.

1870

Pasukan Prusia dibantu pasukan Baden, Bayern, dan Wuettemberg —yang lantas menjadi Kekaisaran Jerman— mulai mengepung Kota Paris demi merebutnya dari Prancis. Pengepungan itu berlangsung hingga 28 Januari 1871 dan berakhir dengan kemenangan Prusia dan bala bantuannya.

Stadion San Siro di Kota Milan, Italia, pada 1926. (Foto: Avvenire.it)

1926

Stadion sepakbola San Siro di Kota Milan, Italia, selesai dibangun dan resmi dibuka. Stadion ini mulai dibangun sejak 1925. Kini San Siro digunakan sebagai kandang dua klub besar di Italia yakni AC Milan dan Inter Milan. San Siro merupakan salah satu stadion terbesar di Italia dengan daya tampung mencapai 80.018 penonton.

1939

Pertempuran Kepa Oksywska antara pasukan Jerman dan pasukan Polandia di Gdynia, Pomeranian Voivodeship, Polandia, yang berlangsung selama sembilan hari berakhir. Pertempuran di awal Perang Dunia II itu berhasil dimenangi Jerman yang lantas menguasai wilayah Gdynia.

1944

Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di perbatasan antara Jerman dan Belgia. Pertempuran yang lantas dikenang dengan sebutan Pertempuran Hutan Hurtgen tersebut berlangsung hingga 16 Desember di tahun yang sama dan berakhir dengan kemenangan telak Jerman.

1944

Finlandia dan Uni Soviet menandatangani perjanjian damai di Moskow, Rusia, demi mengakhiri Perang Kontinuasi. Sebelumnya, Perang Kontinuasi yang melibatkan Finlandia dan Uni Soviet berlangsung sejak 25 Juni 1941.

1945

Sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan WVCh Ploegman memasang bendera Belanda —merah putih biru— tanpa persetujuan pemerintah Indonesia di tiang pada tingkat teratas Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur. Hal itu lantas memicu kemarahan pemuda Surabaya.

Pada 10 November, warna biru pada bendera Belanda dirobek oleh sekelompok rakyat Surabaya dan menjadi peristiwa bersejarah yang dikenang dengan sebutan Insiden Hotel Yamato atau Insiden Perobekan Bendera.

Kiper Arsenal FC David Andrew Seaman. (Foto: Hitc.com)

1963

David Andrew Seaman lahir di Rotherham, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepakbola yang berposisi sebagai penjaga gawang dan pernah membela klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 1990 hingga 2003. Ia tercatat telah bermain 405 kali di kompetisi Liga Inggris dengan mengakhiri karier di Manchaster City pada 2004. Selain itu, Seaman merupakan kiper andalan Tim Nasional Inggris dari 1988 sampai 2002.

1976

Pesawat Boeing 727 milik maskapai penerbangan Turkish Airlines menabrak Gunung Taurus di dekat Karatepe, Isparta, Turki. Akibatnya, seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 154 tewas seketika. Kecelakaan itu merupakan kecelakaan terburuk kedua yang melibatkan Boeing 727 sepanjang sejarah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini