nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bersama Nazaruddin di Dalam Sel, Setnov Ngaku Ngobrol soal Kasus E-KTP

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 18 337 1952082 bersama-nazaruddin-di-dalam-sel-setnov-ngaku-ngobrol-soal-kasus-e-ktp-68CtVFo89Q.jpg Setya Novanto

JAKARTA - Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov) mengakui bahwa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin sempat mengunjungi kamar sel mewahnyanya di Lapas Sukamiskin, Bandung. Pertemuan keduanya pun terungkap saat Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sel Setnov.

Kata Setnov, saat itu dirinya memang sedang membahas kasus korupsi proyek e-KTP bersama ‎dengan Nazaruddin. Kepada Nazaruddin, Setnov mengutarakan ingatannya soal pertemuan-pertemuan dengan sejumlah pimpinan Badan Anggaran (Banggar) untuk membahas proyek e-KTP.

‎"Iya kan paginya saya mau sidang (untuk terdakwa Irvanto), kan ada pertemuan pertemuan Pak Nazarudin, saya dengan Andi Narogong, dengan pimpinan Banggar," kata Setnov sebelum bersaksi untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

Menurut Setnov, yang dibahas saat itu dengan Nazaruddin yakni terkait penerimaan uang korupsi proyek e-KTP oleh sejumlah pimpinan Banggar. Pembahasan proyek e-KTP antara M. Nazaruddin, Andi Narogong, dan sejumlah pimpinan Banggar berlangsung di ruangan Setnov ketika menjabat Ketua fraksi Partai Golkar.

"Di mana pimpinan banggar menerima uang termasuk Melchias Mekeng, Olly Dondokambey, itu kan juga kan di sini Irvan menyerahkan uang kepada Melchias Mekeng yang di mana di ruangan saya," terangnya.

Hal tersebut diutarakan Setnov kepada Nazaruddin karena dia mengetahui saat itu, Nazar merupakan saksi kunci yang melihat sendiri adanya para pimpinan Banggar di ruangannya. Setnov mengaku sedang mencocokkan ingatannya tersebut ke Nazaruddin sebelum bersaksi untuk terdakwa Irvanto, pada Selasa lalu.

"Saya ini, juga Nazarudin sebagai saksi-saksi melihat, jadi saya sedang mencocok cocokan itu, apa yang harus saya sampaikan sehingga jangan sampai salah gitu," pungkasnya.

Sekadar informasi, Ombudsman mendapati hasil yang mengejutkan saat melakukan sidak di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 14 September 2018, malam. Saat itu, Ombudsman menemukan luas ruang kamar Setnov dua kali lebih besar daripada yang lainnya.

Dalam foto yang yang didapat Okezone, ‎saat sidak Ombudsman mendapati Setnov sedang duduk bersama dengan M. Nazaruddin. Keduanya duduk di sebuah ruang cukup besar yang ada di kamar Setnov.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini