Catat, Ini Amalan-Amalan Baik yang Bisa Dilakukan di Bulan Muharram

Nadia Tisca Ekasari, Okezone · Selasa 11 September 2018 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 11 337 1948870 catat-ini-amalan-amalan-baik-yang-bisa-dilakukan-di-bulan-muharram-tcZXoflsq5.jpg Foto: Ist

JAKARTA - 1 Muharram adalah tahun baru Hijriah yang sudah ditetapkan 1 Muharram 1440 jatuh pada hari Selasa September 2018. Masuk bulan muharram adalah kenikmatan tersendiri bari mukmin. Karena bulan ini mudah dengan pahala dan lading beramal bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam beribadah.

Pada bulan ini juga diharamkan melakukan peperangan atau membunuh pada bulan bulan istimewa tersebut, karena apabila melanggar maka dosanya akan dilipat gandakan dari bulan-bulan lain seperti yang katakana oleh seorang ahli tafsir Qatadah bin Di’amah Sadusi rahimahulloh menyatakan “amal soleh lebih besar pahalanya jika dikerjakan dibulan-bulan haram sebagaimana kezholiman dibulan-bulan haram lebih besar dosanya disbanding dengan kezholiman yang dikerjakan dibulan-bulan lain meskipin secara umum kezholiman adalah dosa yang besar”

Lalu, banyak sekali amalan amalan baik yang bisa dikerjakan pada bulan Muharram ini. salah satunya berpuasa.

Rasullullah SAW bersabda “Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram,” diriwayatkan HR. Muslim :1982. Pada penjelasan pada hadist ini sudah sangat jelas selain bulan Ramadhan yang paling afdhol untuk berpuasa adalah bulan Muhrram, puasa Sunnah pada bulan ini. Namun, tidak boleh berpuasa 1 bulan full pada bulan Muharram yang hanya diperbolehkan puasa 1 bulan full pada bulan Ramadhan.

Perbanyak amal shalih, ibnu Abbas radhiyallahu anhuma bersabda di dalam tafsir firman Allah SWT pada surat At Taubah ayat 36 “maka janganlah kalian menzhalimi diri kalian…, Allah telah mengkhususkan empat bulan dari kedua belas bulan tersebut. Dan Allah menjadikannya sebagai bulan yang suci, mengagungkan kemuliaan-kemuliaannya, menjadikan dosa yang dilakukan pada bulan tersebut lebih besar (dari bulan-bulan lainnya) serta memberikan pahala (yang lebih besar) dengan amalan-amalan shalih.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir)

Berbuat amal shalih tidak hanya solat, namun bisa berdzhikir pagi petang, bersedekah, membaca Al-Quran, manjauhi maksiat.

Bertaubat pada bulan Muharram. Taubat adalah kembali kepada Allah dari perkara yang Allah benci secara lahir dan batin menuju kepada kebaikan amal yang kita perbuat, menyesali atas dosa yang sudah kita lakukan dan bertekad tidak mengulanginya.

Puasa Sunnah 11 Muharram, sebagian ulama juga menganjurkan untuk melaksakan puasa tanggal 11 muharram sesuadah puasa Asyura “Puasalah hari Asyura’ dan jangan sama dengan model orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR. Ahmad, Al Bazzar).

Pada kajiannya Ustadz Adi Hidayat dalam kajiannya menjelaskan bahwa puasa di Bulan Muharram atau di bulan Al Harram adalah salah satu ibadah puasa yang sangat dicintai oleh Allah selain bulan Ramadhan. “di tafsir di hadist nabi riwayat ibnu abbas mengatakan keutamaan amal shalih adalah berpuasa”.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini