Rupiah Melemah, Ketua DPR: Ini Saatnya Kita Tunjukkan Kepedulian terhadap Negara

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 06 September 2018 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 337 1947128 rupiah-melemah-ketua-dpr-ini-saatnya-kita-tunjukkan-kepedulian-terhadap-negara-RCsHNtOB32.jpg Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Ist)

JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengajak semua pihak bergandengan tangan menghadapi melorotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Diharapkannya pula, tak ada yang menarik keuntungan dengan memanfaatkan situasi tersebut.

“Inilah saatnya, kita tunjukan kepedulian kita pada negara dan bergandengan tangan untuk mengatasi pelemahan rupiah. Jauhkan dari sikap mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan mengambil untung di tengah-tengah kesulitan bangsa,” ujarnya melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Kamis (6/9/2018).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu pun mendorong seluruh perangkat ekonomi untuk bertindak tegas terhadap spekulan dolar. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), katanya, harus bersikap.

“Ungkap jaringan spekulan dolar dan persempit ruang geraknya guna mencegah terjadinya krisis keuangan,” tuturnya.

Dolar

Bamsoet menilai, depresiasi kurs tidak hanya terjadi pada rupiah hingga menembus Rp15.000 per USD, tetapi negara lain seperti Turki, Argentina dan Afrika Selatan menghadapi persoalan serupa.

Untuk itu, semua harus bergandengan tangan, termasuk kalangan pengusaha terutama Kamar Dagang dan industri (KADIN) harus ikut mencari solusi.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan BI, sambungnya, harus kreatif dan inovatif dalam merumuskan kebijakan untuk mengatasi pelemahan rupiah. Misalnya, Kemenkeu sebagai otoritas kebijakan fiskal bisa mengakselerasi APBN semaksimal mungkin.

“Karena saat ini, APBN merupakan sumber penting dalam memutar ekonomi nasional,” ujarnya.

 Ketua DPR Bambang Soesatyo

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini