nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Serahkan Dana Kompensasi untuk Korban Terorisme

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 13:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 06 337 1946862 pemerintah-serahkan-dana-kompensasi-untuk-korban-terorisme-Ye9wwJGBe8.jpg Pemerintah memberikan dana kompensasi kepada sejumlah korban terorisme. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyerahkan ganti rugi dari negara (kompensasi) sebesar Rp1,6 miliar miliar kepada korban peristiwa terorisme bom Thamrin, Kampung Melayu, dan di Mapolda Sumatera Utara.

Penyerahan dana tersebut diserahkan langsung oleh Menko Polhukam Wiranto di Kantor LPSK, Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur. Total ada 17 korban terdiri dari 13 korban bom Thamrin, 3 korban bom Kampung Melayu, dan 1 korban serangan teroris di Mapolda Sumatera Utara.

"Presiden (Joko Widodo) menyampaikan apresiasi bahwa atas kerja sama dengan pemerintah dapat mewujudkan misi pemerintah untuk memberikan kompensasi kepada korban dan keluarga korban bom Thamrin, Kampung Melayu, dan di Sumatera Utara," kata Wiranto di Kantor LPSK, Kamis (6/9/2018).

Menko Polhukam Wiranto. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Ia mengatakan, nilai kompensasi yang diberikan tidak sebanding dengan penderitaan yang dialami para korban. Namun demikian, dana tersebut merupakan bentuk kesungguhan pemerintah dalam membantu korban terorisme.

"Dari nominal uangnya memang tidak sepadan dengan apa yang telah dirasakan oleh para korban yang tentu tidak bisa dinilai dengan harta, paling tidak ada kesungguhan pemerintah untuk menunjukkan satu atensi yang sungguh-sungguh adalah para korban sekalian," ungkapnya.

Sementara Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai sangat bersyukur bahwa bantuan kompensasi tersebut dapat terwujud.

"Syukur alhamdulillah upaya korban mendapat ganti rugi dikabulkan oleh hakim, dan kemudian kompensasi tersebut dibayarkan oleh negara melalui LPSK," tuturnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini