nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Hary Tanoe untuk 9 Gubernur yang Dilantik: Bangun Daerah, Persempit Kesenjangan, Sejahterakan Rakyat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 06 September 2018 05:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 06 337 1946667 pesan-hary-tanoe-untuk-9-gubernur-yang-dilantik-bangun-daerah-persempit-kesenjangan-sejahterakan-rakyat-EqE9N2NrhD.jpeg Ketum Partai Perindo saat menghadiri pelantikan gubernur di Istana Negara, Jakarta, kemarin. (Foto: MNC)

JAKARTA – Sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur dilantik Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/9/2018) pagi. Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo ikut menjadi saksi peristiwa bersejarah tersebut.

“Atas nama Partai Perindo, saya ucapkan selamat kepada sembilan gubernur dan wakil gubernur yang dilantik presiden,” ungkap Hary Tanoe yang tampil gagah dalam setelan jas hitam dan dasi merah.

Pelantikan ini adalah awal dari perjuangan membangun daerah. Menurutnya, kesenjangan sosial menjadi tantangan terbesar yang harus diatasi kesembilan kepala daerah yang baru saja dilantik.

“Harapannya, beliau-beliau ini akan membangun daerahnya sesuai dengan kebutuhannya. Bisa membuat daerahnya maju, rakyatnya sejahtera. Mengecilkan kesenjangan sosial, itu penting sekali, itu permasalahan bangsa kita,” tuturnya.

Jokowi lantik 9 gubernur (Fakhri)

Dia mengungkapkan, selama ini APBN banyak dialokasikan untuk daerah-daerah di tanah air. Jika daerah-daerah maju, bisa mandiri tanpa mengandalkan subsidi pusat, negara punya uang lebih untuk pembangun sektor pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Daerah maju tentunya akan memperingan pemerintah pusat yang tidak perlu lagi memberikan banyak subsidi ke daerah-daerah,” tegas Hary Tanoe.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan memulai pembangunan daerah yang dipimpinnya dari sektor ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“100 hari pertama saya harus melangkah melaksanakan visi dan misi saya. Mempelajari ketata tenagakerjaan, karena Sumatera Utara sangat berharap tentang itu. Kedua pendidikan, akan segera cari tahu dan pastikan melangkah ke depan. Ketiga kesehatan, keempat infrastruktur,” terang Edy.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengungkapkan rencananya menggandeng lawan-lawan politiknya semasa Pilkada 2018 untuk bersama-sama membangun Jawa Barat.

(Baca Juga : Hary Tanoe: Selamat kepada Gubernur dan Wagub yang Telah Dilantik)

“Doakan lancar, kita ada Dewan Pertimbangan Gubernur yang isinya gubernur terdahulu, mereka yang kompetisi di 2018 kemarin, kita rangkul demi masa depan. Pilkada adalah masa lalu, Jabar juara masa depan,” ungkap Kang Emil, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, 9 dari 17 gubernur dan wakil gubernur terpilih pilkada serentak dilantik. Mereka adalah Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulawesi Selatan), Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumatera Utara), Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sulawesi Tenggara), Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Jawa Tengah), I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali), Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalimantan Barat), Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (Nusa Tenggara Timur), Lukas Enembe-Klemen Tinal (Papua) dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Jawa Barat).

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini