nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UAS Batal Ceramah di Jawa karena Diancam, Fahri Hamzah: Ini Harus Dihentikan!

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 03 September 2018 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 03 337 1945236 uas-batal-ceramah-di-jawa-karena-diancam-fahri-hamzah-ini-harus-dihentikan-QFTxlSOTvp.jpg Ustaz Abdul Somad (Istimewa)

JAKARTA - Ustaz Abdul Somad (UAS) membatalkan jadwal berceramahnya di beberapa daerah di Pulau Jawa dengan alasan keamanan. UAS mengaku mendapatkan ancaman dan intimidasi. Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyayangkan hal itu terjadi.

Ancaman dan intimidasi diungkapkan UAS melalui akun Instagram resminya. “Beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan, dan lain-lain terhadap tausyiah di beberapa daerah seperti di Grobongan, Kudus, Jepara dan Semarang,” tulis akun ustadzabdulsomad.

Dengan alasan beban panitia yang makin barat dan kondisi psikologis jamaah dan dirinya, UAS akhirnya memutuskan membatalkan janji di beberapa daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pada September, jadwal di Malang, Solo, Boyolali, Jombang, Kediri dibatalkan. Kemudian Oktober di Yogyakarta. Desember janji denga Ustaz Zulfikar di daerah Jawa Timur.

“Mohon maaf atas keadaan ini, harap dimaklumi dan mohon doakan selalu,” pungkas Abdul Somad.

Fahri Hamzah (Amril/Okezone)

Fahri Hamzah meminta kepolisian menghentikan aksi saling ancam-mengancam seperti dialami dai kondang asal Riau itu. “Saling mengancam ini dihentikan,” ujar Fahri di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/9/2018).

Ustaz Abdul Somad, kata dia, merupakan tokoh terkenal. “Ada pendukungnya, tokoh yang dikenal, jangan lah dilarang-larang, jangan lah diancam-ancam, kebebasan berserikat berkumpul, menyatakan pendapat baik lisan maupun tulisan, itu dilindungi negara, mau pakai alasan apapun tidak boleh dilarang.”

Menurut Fahri, penolakan terhadap Ustaz Abdul Somad bisa memunculkan perselisihan di masyarakat. “Itu bisa meruncingkan perselisihan di antara masyarakat dan itu merugikan kita. Harus dihentikan,” tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini