nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pollycarpus Bebas Murni, Begini Respons Jusuf Kalla

Antara, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 29 337 1943046 pollycarpus-bebas-murni-begini-respons-jusuf-kalla-rVi1PiXXoQ.jpg Wapres Jusuf Kalla (Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi bebasnya Pollycarpus Budihari Priyanto, terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap aktivis hak asasi manusia (HAM) Munir Said Thalib.

"Kalau sesuai aturan ya silakan, karena memang ada aturan bebas bersyarat tiap tahun," kata Wapres Jusuf Kalla di Balai Kartini Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Pollycarpus telah mendapatkan pembebasan bersyarat pada 2014, sehingga mantan pilot maskapai Garuda Indonesia itu diwajibkan melakukan wajib lapor. Haru ini, mantan pilot pesawat Garuda Indonesia itu dinyatakan bebas murni.

 

Pollycarpus Budihari (Okezone)

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada 12 Desember 2005, memvonis Pollycarpus 14 tahun penjara karena terbukti terlibat dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Munir.

Pollycarpus telah menjalani hukuman penjara selama delapan tahun, yang kemudian mendapatkan hak bebas bersyarat sesuai Surat Keputusan dari Menteri Hukum dan HAM pada 13 November 2014.

Munir tewas dalam perjalanan udara menuju Amsterdam, Belanda, pada 7 September 2004 ketika aktivis HAM itu hendak melanjutkan studi pascasarjana ke Universitas Utrech. Munir tewas karena mengkonsumsi makanan beracun arsenik yang disediakan di dalam pesawat Garuda Indonesia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini