nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pollycarpus Bebas Murni, Partai Berkarya: Silakan Berkreasi demi Kebesaran Partai

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 10:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 29 337 1942913 pollycarpus-bebas-murni-partai-berkarya-silakan-berkreasi-demi-kebesaran-partai-T8I48anD4M.jpg Pollycarpus (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Pollycarpus Budihari Priyanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib, mendapatkan status bebas murni per hari ini, pada Rabu 29 Agustus 2018. Pollycarpus hanya menjalani delapan tahun dari 14 tahun masa tahanan di Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Ia lebih dulu keluar dari penjara dengan bebas bersayarat pada 2014.

Partai Beringin Karya (Berkarya) menyambut baik bebas murni mantan Pilot Garuda Indonesia itu. Pollycarpus diketahui menjadi anggota partai Berkarya sejak Maret 2018.

"Pertama, selamat buat Mas Polly atas haknya sebagai warga negara terpenuhi. Semua WNI kan punya hak dan kewajiban sama di mata hukum," ujar Ketua DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang saat dihubungi Okezone, Rabu (29/8/2018).

Partai besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Suharto ini siap memberikan hak sebagai kader partai. Badaruddin memastikan partainya tidak akan memberikan hak istimewa kepada Pollycarpus. Partai Berkarya, lanjut Badaruddin, juga akan mempersilakan Pollycarpus dalam membesarkan partai.

"Sebagai anggota Partai Berkarya otomatis beliau kader dan keluarga besar kami. Partai wajib memberi hak anggotanya. Haknya sama dengan anggota lain. Silakan berkreasi demi kebesaran partai," jelas Badaruddin.

Sidang PK Pollycarpus

Namun, Badaruddin menyayangkan Pollycarpus yang tak ikut berkompetisi menjadi calon legislatif (caleg) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 nanti. Meski begitu, Pollycarpus masih bisa menjadi tim sukses partai maupun caleg sehingga bisa memenangkan Pemilu 2019.

"Sayangnya beliau tidak ikut caleg, jadi timses caleg bisa saja. Masih banyak peran-peran partai menanti beliau," ungkapnya.

Diketahui Pollycarpus terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib mendapatkan status bebas murni per hari ini, pada Rabu 29 Agustus 2018. Hal tersebut dibenarkan Pembimbing Kemasyarakatan Madya pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung, Budiana.

(Baca Juga : Pollycarpus Terpidana Pembunuhan Munir Bebas Murni Hari Ini)

"Pak Pollycarpus bebas murni. Masa pidananya, berakhir pada 29 Agustus," kata Budiana saat dikonfirmasi melalui sambungan telefonnya, Selasa (28/8/2018).

Ia dipidana bersalah lantaran terbukti meracuni korbannya, Munir Said Thalib dengan racun arsenik. Ia ditetapkan sebagai tersangka sejak Sabtu, 19 Maret 2005 pukul 04.00 WIB. Pembunuhan tersebut diduga dilakukan dengan cara peracunan yang dimasukkan ke makanan korban.

Pollycarpus berada dalam satu pesawat dengan Munir. Polisi menduga ia bukanlah tersangka utama, tetapi hanya berperan sebagai fasilitator.

(Baca Juga : Istri Munir Anggap Pollycarpus Tak Layak Bebas Murni)

Pollycarpus yang saat itu sedang tidak bertugas, kebetulan berada dalam satu pesawat dengan Munir. Kursi yang kemudian diduduki Munir adalah kursi yang sebenarnya untuk Pollycarpus, namun Pollycarpus menawarkan penggantian tempat duduk dengan Munir. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan penangkapannya.

Pada 1 Desember 2005, jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menuntutnya hukuman penjara seumur hidup karena terbukti terlibat dan merencanakan pembunuhan Munir, namun ternyata ia divonis hukuman penjara selama 14 tahun oleh majelis hakim.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini