nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Din Syamsuddin Nilai Inpres Penanganan Gempa Lombok Perlu Diperbaiki

Fahreza Rizky, Jurnalis · Minggu 26 Agustus 2018 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 26 337 1941561 din-syamsuddin-nilai-inpres-penanganan-gempa-lombok-perlu-diperbaiki-WIqtzg2yYJ.jpg Gempa di Lombok (Foto: Okezone)

JAKARTA -- Pengasuh Pondok Pesantren Modern Dea Malela, Sumbawa, Din Syamsuddin, menilai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa Bumi di NTB perlu diperbaiki.

Menurut Din, Inpres tersebut hanya menyebut beberapa kabupaten di Pulau Lombok, padahal dampak gempa juga menimpa Pulau Sumbawa, khususnya Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

"Saya saksikan di lapangan ribuan penduduk di dua kabupaten tersebut sama menderita, rumah mereka hancur dan mereka terpaksa mengungsi dan tinggal di luar rumah dalam kesusahan tanpa tenda, air bersih, dan logistik yang cukup," ucap Din kepada Okezone, Minggu (26/8/2018).

 

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut berujar, tanpa menyebut kedua kabupaten di Pulau Sumbawa itu, Inpres penanganan gempa Lombok justru mengesankan adanya diskriminasi, padahal negara harus hadir secara berkeadilan.

"Pemerintah Provinsi NTB harus memberi data yang faktual dan menyeluruh," tegas Din.

 

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini