nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Lombok Berturut-turut, DPR RI Minta BMKG Deteksi Dini

Badriyanto, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 20:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 20 337 1939156 gempa-lombok-berturut-turut-dpr-ri-minta-bmkg-deteksi-dini-t6xPwynHfm.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Nur Yasin meminta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja lebih maksimal agar dapat mendeteksi secara dini gempa bumi susulan yang kerap mengguncang daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Nur Yasin, dengan deteksi dini dari BMKG masyarakat Lombok dapat lebih waspada sehingga dapat dapat diminimalisir korban yang berjatuhan akibat gempa susulan tersebut.

"Saya mengimbau kepada BMKG untuk bekerja secara maksimal hingga mampu mendeteksi secara dini kapan gempa akan terjadi, sehingga masyarakat bisa lebih waspada dan dapat menghindari jatuhnya korban jiwa," kata Nur Yasin kepada wartawan, Senin (20/8/2018).

gempa

Nur Yasin juga mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar segera membantu renovasi rumah-rumah warga yang porak poranda akibat gempa yang terus menerus melanda daerah Lombok tersebut.

“PUPR juga harus segera merenovasi rumah yang roboh atau rusak akibat gempa di Lombok. Hal ini penting guna mengobati rasa duka dan trauma para korban," pungkasnya.

bnpb

Sekadar informasi BMKG mencatat sudah ada sebanyak 852 gempa susulan yang mengguncang wilayah Lombok, gempa yang terjadi berturut-turut sejak 5-20 Agustus itu menyebabkan kurang lebih 481 jiwa meninggal dunia.

Teranyar, gempa berkekuatan 7,0 SR kembali mengguncang Lombok pada Minggu 19 Agustus 2018 kemarin sekira pukul 21.56 WIB. Musibah itu merupakan yang kesekian kalinya dan masih diprediksi akan ada gempa susulan selama tiga hingga empat minggu kedepan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini