nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Akan Cari Jalan Tengah Menyelesaikan Pelanggaran HAM Berat

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 17 Agustus 2018 21:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 17 337 1938035 pemerintah-akan-cari-jalan-tengah-menyelesaikan-pelanggaran-ham-berat-OQr2vtvYZ2.jpg Menkumham, Yasonna Laoly (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memastikan tetap menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat masa lalu dengan mencari jalan tengah buat menyelesaikan masalah tersebut.

"Jadi kami lagi cari fomulasi-formulasi yang kedua pihak bisa terima," kata Menteri Hukum dam HAM Yasonna H Laoly di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Dalam penyelesaian masalah ini, kata dia, Komnas HAM, Kejaksaan, TNI dan Polri harus dilibatkan. Yasonna juga mengaku sudah bertemu dengan Komnas HAM.

Yasonna menerangkan, pemerintah telah membentuk dewan kerukunan nasional. Pasalnya, pemerintah ingin masalah HAM segera selesai.

"Jadi akan dibagi dua yang yudisial dan nonyudisial, pokoknya komitmen pemerintah jalan terus," ucap dia.

Ia mengaku menyelesaikan masalah ini tak mudah. Misalnya permasalahan HAM di Palu, Sulawesi Tengah. Karena itu, lanjut dia, perlu peran semua pemangku kepentingan menyelesaikan persoalan HAM.

"Pendekatan bottom up dari Pemda itu juga membantu," kata dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini