Saat Sang Saka Merah Putih Berkibar di Upacara HUT Ke-73 RI

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 17 Agustus 2018 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 17 337 1937847 saat-sang-saka-merah-putih-berkibar-di-upacara-hut-ke-73-ri-h7XebqYjsH.JPG Upacara HUT Ke-73 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). (Foto: iNews)

JAKARTA – Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Pelaksanaan upacara ini tepat berlangsung pukul 10.00 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara mengenakan baju adat Aceh. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Kepala Negara sempat menyapa sejumlah masyarakat yang hadir sebelum menuju mimbar upacara.

Tak hanya Jokowi, para menteri kabinet kerja dan para pejabat yang hadir juga mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Begitu juga Paspampres hingga masyarakat dan tamu undangan.

Ada 6250 tamu yang diundang ke Istana saat upacara pengibaran bendera merah putih ini. Adapun sebanyak 35 persen adalah para pejabat negara, sementara 65 persen adalah masyarakat.

Upacara HUT Ke-73 RI. (Foto: Inews)

Upacara dimulai dengan tembakan meriam oleh prajurit TNI AD. Kemudian upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Presiden Jokowi selaku inspektur upacara lalu mengajak semua hadiri untuk mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang gugur saat berjuang membawa Indonesia merebut kemerdekaan.

(Baca Juga : HUT Ke-73 RI, Jokowi: Stabilitas Politik dan Keamanan Modal Fundamental dalam Membangun Negara)

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Setelah itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) pun beraksi. Tim Nusa yang didapuk sebagai tim pengibar sang saka merah putih berhasil mengibarkan bendera selaras dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan di halaman Istana Merdeka.

(Baca Juga : SBY Absen Hadiri Upacara HUT RI Ke-73 di Istana)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini