2 Tersangka Kasus Suap Bupati Bandung Barat Segera Diadili

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 13 Agustus 2018 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 13 337 1936003 2-tersangka-kasus-suap-bupati-bandung-barat-segera-diadili-mrjUM7Se9f.jpg Foto Ilustrasi

‎JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas perkara dua tersangka kasus dugaan suap yang menyeret Bupati non-aktif Bandung Barat, Abubakar. Keduanya yakni, mantan Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Weti Lembanawati dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bandung Barat, Adiyoto.

Berkas Weti Lembanawati dan Adiyoto‎ telah dilimpahkan ke tahap II atau tahap penuntutan, sejak 3 Agustus 2018. Keduanya akan segera menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

"Rencana sidang akan dilakukan di PN Tipikor Bandung, Jawa Barat‎," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (13/8/2018).

‎Selanjutnya, tim jaksa penuntut umum pada KPK mempunyai waktu 14 hari untuk menyusun surat dakwaan sebelum nantinya berkas dakwaan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung dan dijadwalkan persidangan perdana.

 korupsi

Guna memperlancar jalannya proses persidangan, KPK memindahkan Weti dan Adiyoto ke Rumah Tahanan (Rutan) di Jawa Barat secara terpisah. KPK ‎menitipkan Weti ke rutan perempuan Klas IIa Bandung. Sedangkan Adiyoto, dipindah ke Rutan Mapolda Jawa Barat.

‎"Hari ini dilakukan pemindahan penahanan terhadap dua tersangka ke Rutan di Jabar sebagai tindak lanjut dari proses pelimpahan berkas barang bukti dan tersangka ke penuntutan tahap dua untuk dua tersangka," terangnya.

Febri menambahkan, sejauh ini KPK telah memeriksa sebanyak 17 saksi untuk dua tersangka tersebut. Adapun unsur aksi meliputi, Pegawai Negeri Sipil Bandung Barat, dan pihak swasta.

Sebelumnya, KPK ‎menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap ari sejumlah pejabat dinas di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Keempatnya yakni, Bupati non-aktif Bandung Barat, Abubakar.

Kemudian, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Daerah, Weti Lembanawati, Kepala BPPD Bandung Barat, Adiyoto, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Asep Hikayat.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini