Ketua MPR: Partai Politik Harus Didanai Negara

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 04 Agustus 2018 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 04 337 1931715 ketua-mpr-partai-politik-harus-didanai-negara-gJFhZaUirA.jpg Ketua MPR, Zulkifli Hasan (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menilai banyaknya praktek korupsi di Indonesia dikarenakan konstitusi masih jauh dari harapan.

Dalam hal ini, Zulhas menyoroti pentingnya Undang-Undang (UU) yang mengatur terkait pendanaan partai politik. Pasalnya, dengan tidak ada aturan pendanaan partai ditanggung negara hal itulah yang menjadi pintu masuk para oknum kader partai terjebak dalam tindak pidana korupsi.

"Gimana partai politik tidak boleh cari uang, tapi biayanya tinggi dan tidak ditanggung negara jalan keluarnya gimana? Kalau enggak habis nanti orang-orangnya ditangkap KPK," katanya dalam Diskusi Sindo Trijaya, di Gedung Konvensi, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (4/8/2018).

 zul

Oleh sebab itu, Zulhas melanjutkan, pihaknya menilai merasa perlu melakukan penyempurnaan sistem ketatanegaraan. Agar nantinya sistem-sistem yang lama akan diperbaharui dan semakin bersifat transparan.

"Bentuk pentingnya penyempurnaan sistem ketatanegaraan kita melalui UUD 1945 apakah negeri kita sudah oke, atau perlu penyempurnaan menurut para pakar perlu disempurnakan misalnya sistem ketatanegaraanya, sistem politik sistem pemilu sistem pilpres dan lainnya," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini