nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Asian Games, INASGOC dan Menkumham Cek Kesiapan Bandara Soetta

Anggun Tifani, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 16:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 02 337 1930910 hadapi-asian-games-inasgoc-dan-menkumham-cek-kesiapan-bandara-soetta-pxahDMs9wl.jpg Ketua INASGOC Erick Tohir Bersama Menkumham Yasonna Laoly dan Jajaran Tinjau Persiapan Bandara Soekarno Hatta Jelang Perhelatan Asian Games 2018 (foto: Anggun T/Okezone)

TANGERANG - Tak kurang dari 2 minggu lagi, yakni tepatnya 18 Agustus 2018 Asian Games akan segera digelar. Mendekati hari itu, Ketua INASGOC (Panitia Asian Games 2018), Erick Thohir dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, memeriksa sejumlah persiapan khusus, yang dilakukan oleh Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dalam menyambut tamu-tamu Asian Games 2018.

Erick menyatakan salah satu bandara yang menjadi penyambut para atlet negara itu, telah siap baik fasilitas ataupun sumber daya manusia (SDM).

Ketua INASGOC dan Menkumham Cek Kesiapan Bandara Soetta (foto: Anggun T/Okezone) 

"Saya rasa untuk di Bandara Soekarno-Hatta sendiri sudah siap. Hanya saja, kami tadi menyarankan ada beberapa perbaikan yang masih harus dilakukan, jelang kedatangan seperti, lebih mempercantik lagi penampilan bandara," ujar Erick di Terminal 3, Bandara Soetta, Kamis (2/8/2018).

Dalam kedatangannya, Erick dan Yasonna juga diperlihatkan adanya lokasi Asian Games Line. Pada lokasi ini, jalur tersebut nantinya dikhususkan bagi para atlet atau tim menuju pintu keluar. Asian Games Line ini merupakan jalur pemisah antara penumpang biasa dengan para tamu Asian Games.

Dijelaskan oleh pihak Bandara Soetta kepada tim pemantau, nantinya, para atlet akan melalui pintu pemeriksaan atau X-ray, lalu ke area konter Imigrasi. Selanjutnya, pada saat kedatangan para tamu Asian Games, akan diaktifkan sebanyak 32 konter kedatangan dan 32 konter kepulangan.

Selanjutnya, para tamu diarahkan menuju area akreditasi, disana identitas mereka akan divalidasi ulang. "Setelah mereka melewati Asian Games Line, mereka akan disambut dengan bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut para peserta ini," tutur Erik.

Erick berharap persiapan tersebut dapat berjalan lancar pada pelaksanaannya nanti. "Saya harap seluruhnya dapat berjalan lancar mengingat Indonesia sudah dua kali dipilih menjadi lokasi pertandingan akbar se-Asia ini," imbuhnya.

Ketua INASGOC dan Menkumham Cek Kesiapan Bandara Soetta (foto: Anggun T/Okezone) 

Sementara, menurut data INASGOC, terdapat peningkatan dalam jumlah delegasi yang akan turut serta dalam event tersebut. Peningkatan yang terjadi sebanyak 20 persen dengan total 17.194 deligasi dari yang sebelumnya ditargetkan sebesar 15 ribuan.

"Dengan melebihi target tersebut bukan berarti, tidak ada tantangan lagi bagi pihak penyelenggara, melainkan ada kesulitan lagi. Bagaimana caranya menyediakan transportasi, akomodasi hingga kebutuhan deligasi selama berada di Indonesia," tegas Erik.

Diketahui, penyelenggaraan Asian Games kini, hanya tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan dari sisi infrastruktur dan lalu lintas juga telah dilakukan untuk menghadapi, perhelatan ajang olahraga se-Asia, yang nantinya akan dilaksanakan hingga 2 September 2018.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini