nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Kita Sering Lupa Bersyukur atas Nikmat Kemerdekaan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 22:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 01 337 1930555 jokowi-kita-sering-lupa-bersyukur-atas-nikmat-kemerdekaan-O0t1BCN7c6.jpeg Doa dan Zikir di Istana sambut HUT ke-72 RI (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk bersyukur atas nikmat kemerdekaan dari Tuhan Yang Maha Esa yang ke-73 tahun.

"Karena kita sering lupa mensyukuri ini (kemerdekaan) bahwa kita 100 tahun dijajah, perang, kemudian atas rahmat Allah kepada bangsa Indonesia kita sekarang sudah merdeka kurang lebih 73 tahun," kata Jokowi dalam memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (1/8/2018) malam.

 Zikir di Istana

Jokowi juga mengingatkan dengan keberagaman bangsa Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau, 714 suku, dan 1.100 bahasa daerah di Indonesia. Perbedaan Indonesia itu, lanjut dia, merupakan aset terbesar bangsa.

"Ini yang harus kita sadari bersama sama bahwa kita memang diberikan anugerah oleh Allah berbeda-beda bermacam-macam beraneka ragam majemuk. Akan menjadi sebuah kekuatan, akan menjadi sebuah potensi apabila kita bersatu," ucapnya.

Kepala Negara meminta seluruh masyarakat selalu menjaga persaudaraan, menjaga ukhuwah islamiyah, dan ukhuwah Wathoniyah. Menurut dia, persatuan Indonesia merupakan aset terbesar negara.

"Karena kita memang besar dan berbeda-beda. Selain kita dianugerahi oleh Allah sumber daya alam yang melimpah," tandasnya.

 Zikir di Istana

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini