nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal OTT Bupati Lampung Selatan, Praktik Korupsi Diduga Menyebar di Berbagai Daerah

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 28 Juli 2018 02:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 28 337 1928520 soal-ott-bupati-lampung-selatan-praktik-korupsi-diduga-menyebar-di-berbagai-daerah-CJwW4GwgAg.jpg Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan ditahan KPK. (Foto: Antara)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan bersama 11 orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT). Penangkapan ini diduga terkait korupsi proyek infrastruktur.

Peneliti dari Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Zaenur Rohman, menilai OTT yang dilakukan KPK terhadap kepala daerah tidak mengejutkan.

“Karena diduga praktik korupsi menyebar di berbagai daerah. Korupsi kepala daerah paling banyak berkaitan dengan perizinan, pengadaan barang dan jasa, dan pengisian jabatan di daerah,” ujar Zaenur kepada Okezone, Sabtu (28/7/2018).

Ia menilai sebaiknya pemerintah perlu menjalankan reformasi birokrasi secara serius. Adapun beberapa langkah yang perlu diambil adalah perbaikan pengadaan barang dan jasa, lelang jabatan, dan reformasi perizinan.

"Jika sektor itu dibenahi, celah korupsi semakin sempit," terang dia.

Akibat maraknya kepala daerah yang dicokok KPK, Zaenur berharap pemerintah pusat dapat memberi perhatian serius kepada daerah dalam aspek pengawasan.

“Sehingga mempersempit korupsi di daerah,” jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini