nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Pantau Gerhana Bulan Total dari 24 Titik di Indonesia

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 28 Juli 2018 01:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 28 337 1928504 bmkg-pantau-gerhana-bulan-total-dari-24-titik-di-indonesia-37vFNxdZNT.jpg Pemantauan gerhana bulan total oleh BMKG. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika melakukan pemantauan gerhana bulan total (GBT) dari 24 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal itu sebagaimana diungkapkan Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly.

Ia mengatakan, pihaknya menggelar pemantauan terhadap gerhana bulan total lantaran peristiwa ini sangatlah langka.

"Mengingat peristiwa GBT 28 Juli 2018 merupakan peristiwa langka, dan terkait tugas pokok BMKG, maka BMKG akan melakukan pengamatan GBT 28 Juli 2019 di lebih dari 20 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," ujar Sadly, Sabtu (28/7/2018).

Adapun pengamatan dilakukan di wilayah Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi kecuali sebagian kecil di Sulawesi Selatan, NTT bagian Timur, dan Kalimantan Utara bagian Timur dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase gerhana sebagian berlangsung.

Sementara itu pengamat di wilayah NTT bagian Barat, NTB, Bali, sebagian besar Kalimantan kecuali sedikit di bagian timurnya, Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, sebagian besar Jambi dan Riau, serta Bengkulu bagian Selatan, dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase gerhana penumbra berlangsung.

Seluruh fase gerhana GBT akan teramati dari Bengkulu bagian Utara, Riau bagian Barat, sebagian besar Sumatera Barat dan Sumatera Utara, serta Aceh.

Sadly mengutarakan, lama Gerhana Bulan Total yang terjadi diperkirakan akan berlangsung selama 103 menit yang merupakan terlama hingga dari 100 tahun ke depan.

"GBT yang akan datang dengan fase totalitas lebih lama adalah GBT 9 Juni 2123, mencapai 106 menit. Sayangnya gerhana tersebut tidak teramati dari Indonesia," paparnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini