Pemerintah Telah Gelontorkan Rp121 Miliar Dana Bantuan Parpol Tahun Ini

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 28 Juli 2018 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 27 337 1928440 pemerintah-telah-gelontorkan-rp121-miliar-dana-bantuan-parpol-tahun-ini-QB7NcrE0OZ.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

JAKARTA - Pemerintah telah menggelontorkan dana bantuan partai politik ‎sebesar Rp121 miliar pada 2018. Namun, baru ada tiga parpol yang menandatangani berita acara serah-terima bantuan tersebut.

Ketiga parpol yang telah menandatangani dana banpol itu yakni PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

"Untuk bantuan parpol di tingkat pusat sudah kita cairkan sebesar Rp121 miliar sekian. Baru tiga yang sudah kita laksanakan tanda tangan berita acara serah‎-terimanya," kata Kasubdit Fasilitasi dan Kelembagaan Parpol Ditjen Polpum Kemendagri, Syamsuddin, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat 27 Juli 2018.

Ia mengatakan, pada 3 dan 8 Agustus 2018, Partai Golkar serta PKS dijadwalkan menandatangani bantuan dana parpol tersebut.

Syamsuddin juga mengingatkan kepada parpol untuk menggunakan dana bantuan itu sesuai peruntukannya sebagaimana aturan perundangan.

"Kami selalu sarankan kepada pimpinan parpol agar gunakan banpol sesuai peruntukannya, yaitu untuk pendidikan politik," jelas dia.

Foto/Okezone 

Kemendagri juga mendorong agar dana bantuan parpol ini dapat dinaikkan setiap tahunnya. Selain itu, pihaknya juga mengimbau pemerintah daerah dapat melaksanakan hal serupa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Kami dorong agar banpol dapat dinaikkan tiap tahun. Kita tanyakan kepada 10 parpol, mereka habiskan sekitar Rp75-200 miliar dalam satu tahun," jelas Syamsuddin.

Sekadar diketahui, pada Januari 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik.

Dalam perubahan ini disebutkan besaran nilai bantuan keuangan kepada parpol tingkat pusat yang mendapatkan kursi di DPR sebesar Rp1.000 per suara sah.

Sedangkan kepada parpol di tingkat provinsi yang mendapatkan kursi DPRD sebesar Rp1.200 per suara sah, dan parpol di tingkat kabupaten/kota sebesar Rp1.500 per suara sah. (fzy)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini