nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buntut OTT di Lapas Sukamiskin, Menteri Yasonna Rombak Pejabat Kemenkumham Jabar

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 17:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 26 337 1927784 buntut-ott-di-lapas-sukamiskin-menteri-yasonna-rombak-pejabat-kemenkumham-jabar-pJUjeYAD6t.jpg Menteri Hukum dan HAM, Yasonna saat merombak sejumlah pejabat (foto: Arie/OKezone)

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly ‎mengganti sejumlah pejabat Kemenkumham Jawa Barat (Jabar). Pergantian sejumlah pejabat di Kemenkumham Jabar tersebut diduga berkaitan dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen.

Adapun, sejumlah pejabat Kemenkumhan Jabar yang diperbaharui yakni, Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jabar yang sebelumnya dijabat oleh Indro Purwoko diganti oleh Ibnu Chuldun; Kepala Divisi PAS (Kadivpas) Kemenkumham Jabar, Alfi Zahrin digantikan oleh Krismono.

Kemudian, Kalapas Sukamiskin yang telah ditetapkan tersangka, Wahid Husen, digantikan posisinya oleh Tejo Harwanto; Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas, Sutrisman digantikan oleh A. Yuspahrudin. Sedangkan Sutrisman dipindah sebagai Kakanwil Banten.

Tak hanya melakukan pergantian pemain di Kemenkumham Jabar, Menteri Yasonna juga menggeser sejumlah posisi pejabat di beberapa daerah. Diantaranya, Kakanwil Jawa Tengah yang kini dijabat oleh Dewa Putu Gede.

 lapas

Lilik Sujandi sebagai Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Negara dan Rampasan Negara; Abdul Aris mengisi posisi Kepala Divisi Sumatera Utara;‎ Syafar Pudji Rochmadi sebagai Kadivpas Gorontalo; Anas Saeuful sebagai Kadivpas Jawa Timur.

Taufiqurrakhaman sebagai Kadivpas Banten; Dwinastiti sebagai Kadivpas Nusa Tenggara Barat; dan Budi Argap Situngkir yang mengisi posisi baru sebagai Kalapas Klas I Medan.

"Peristiwa di Sukamiskin telah mencoreng wajah lembaga Kemenkumhan. Tidak ada alasan bagi kita membela diri. Saya sungguh-sungguh sangat kecewa," kata Yasonna melalui keterangan resminya, Kamis (26/7/2018).

 lapas

Menurut Yasonna, dirinya sudah enam kali mengganti Kalapas Sukamiskin, Bandung, selama dia menjabat Menkumham. Oleh karenanya, dia meminta agar para pimpinan baru tidak menyalahgunakan jabatannya.

"Ini kali keenam saya mengganti Kalapas Sukamiskin," terangnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini