Hati-Hati, Banyak Wartawan Gadungan Berkeliaran!

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 25 Juli 2018 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 337 1927359 hati-hati-banyak-wartawan-gadungan-berkeliaran-QRmGqCRE3a.jpg Ilustrasi

INDRAMAYU - Seorang pria dengan inisial AR, mengaku-ngaku sebagai wartawan dan meliput suatu kejadian di Blok Janggleng, Desa Jatimunggul, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Karena identitas aslinya yang tak jelas, pria tersebut langsung diketahui sebagai wartawan gadungan.

Ia pun terpergok oleh wartawan lain yang meliput di lokasi yang sama. Saat tertangkap, ia diketahui memakai seragam bertuliskan "Trans Corporation" untuk meliput. Namun, ketika ditanya oleh awak media lainnya perihal kartu pers, surat tugas dan sebagainya, ia tidak bisa menunjukannya.

“Saya tidak punya kartu pers pak,” kata AR saat diinterogasi oleh awak media lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pokja Media Polres Indramayu Dedy Musashi yang berada di lokasi kejadian, langsung menindak tegas wartawan “abal-abal” itu, dengan melucuti seragam kerja serta artibut lainnya. “Saya yang melucuti atribut dan seragam kerjanya,” ujar Dedi pada Okezone, saat dihubungi melalui pesan seluler, Rabu (25/7/2018).

 Seragam yang dipakai wartawan gadungan di Indramayu (Foto: Ist)

Dedi juga menjelaskan, motif AR menjadi wartawan gadungan ialah, karena memang AR ingin menjadi seorang wartawan profesional. Namun, hasrat yang tak tersampaikan membuat AR nekat terjun ke lokasi liputan dengan bermodalkan baju yang diduga ia buat sendiri.

"Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi pelaku media, agar hal ini tidak kembali terulang," jelas Dedi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini