nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angka Kemiskinan Turun, Mensos Lapor ke Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 24 337 1926642 angka-kemiskinan-turun-mensos-lapor-ke-jokowi-HlNxAmbIZl.jpg Idrus Marham (Arie/Okezone)

BOGOR - Menteri Sosial Idrus Marham menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk melaporkan penurunan angka kemiskinan periode ini. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di Indonesia turun dari 10,12 persen menjadi 9,82 persen.

"Dalam artian adanya penurunan angka kemiskinan," kata Idrus di sela menghadap Jokowi, Selasa (24/7/2018).

Idrus menjelaskan, penurunan ini menunjukkan program yang diberikan pemerintah sesuai kebutuhan rakyat dan tepat sasaran. Selain itu, lanjut dia, para menteri di Kabinet Kerja juga telah bersinergi dengan baik untuk menekan angka kemiskinan ini.

Ia mencontohkan sinergi itu dilakukan Kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyalurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selanjutnya sinergi antara Kementerian Kesehatan dan BPJS dalam menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Kemudian juga Kementan, Kementerian Agraria, Kemendes, dan juga kementerian-kementerian lain betul-betul sinergi menangani bagaimana peningkatan kesejahteraan rakyat," ujar politisi Partai Golkar itu.

Menurut Idrus, kebiasaan yang dilakukan Presiden Jokowi yang kerap turun langsung ke bawah mengecek pelaksanaan berbagai program-program yang ada juga turut membantu penuruanan angka kemiskinan.

Dengan begitu, lanjut dia, Kepala Negara bisa segera menginstruksikan jajarannya jika menemukan permasalahan.

"Faktor ini yang membuat bagaimana program kementerian yang ada dilaksanakan secara efektif dan punya hasil penurunan angka kemiskinan," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini