Ngadep Presiden Jokowi, Bawaslu Laporkan Hasil Pilkada Serentak 2018

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 24 Juli 2018 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 24 337 1926612 ngadep-presiden-jokowi-bawaslu-laporkan-hasil-pilkada-serantak-2018-Ts1HFKIxbY.jpg Jajaran Bawaslu usai bertemu Jokowi di Istana Bogor (foto: Fakhri/Okezone)

BOGOR - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowo) untuk melaporkan hasil pengawasan tentang Pilkada serentak 2018 yang berlangsung di 171 daerah.

"Kami tadi menyampaikan beberapa hasil Pemilukada 2018 soal hasil pengawasan, soal perkembangan yang adanya permohonan sengketa ke MK. Dan ada beberapa catatan soal pelanggaran-pelanggaran Pilkada Serentak 2018," kata Abhan di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/7/2018).

Abman mencontohkan adanya dugaan oknum aparat Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga TNI dan Polri yang tidak netral dalam kontestasi Pilkada serentak 2018 tersebut.

"Ini penekanan betul dalam menghadapi Pileg dan Pilpres nanti harus netralitas ASN, TNI, Polri," ujarnya.

 pilkada

Ia juga menyampaikan bahwa Bawaslu juga akan melakukan pelantikan para anggota Bawaslu yang ada di provinsi dan kabupaten/kota.

"Ini adalah pertama kali, pengawas Pemilu kabupaten kota menjadi permanen dan ini tanggal 16 Agustus," terangnya.

Lebih lanjut, Abhan berharap pemerintah dapat membentuk satu forum bersama Bawaslu agar lembaga pengawas Pemilu ini bisa menyampaikan soal upaya pencegahan, dan netralitas ASN, TNI dan Polri.

"Karena dari Pilkada 2018 kami melihat ada beberapa catatan soal netralitas dari, kami menemukan oknum, dari kepolisian misalnya kasus yang di Maluku. Kapolri sudah mengambil sikap tegas dengan mencopot sebagai Wakapolda," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini