nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 WNI Diduga Anggota ISIS yang Ditangkap di Malaysia Segera Dideportasi

Badriyanto, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 16:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 20 337 1925090 3-wni-diduga-anggota-isis-yang-ditangkap-di-malaysia-segera-dideportasi-k2X7wGWTdf.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengaku sedang berkoordinasi dengan pihak Polis Diraja Malaysia (PDRM) membahas pemulangan tiga WNI yang tertangkap di Malaysia karena diduga kuat terlibat jaringan teroris internasional atau ISIS.

Menurut Syafruddin, status hukum ketiga WNI itu akan diproses di Indonesia prihal dugaan afiliasi dengan kelompok ISIS. Penyidik akan langsung melakukan pemeriksaan dan penyelidikan berkaitan dengan tuduhan polisi Malaysia tersebut.

"Sedang dikoordinasikan dengan aparat Diraja Malaysia antara BNPT dan PDRM. Nanti kalau sudah selesai, bisa kita bawa pulang, nanti kita akan investigasi di sini," kata Syafruddin di PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (20/72018).

Ilustrasi.

Seperti diketahui, kepolisian Malaysia menangkap tujuh terduga terorisme, tiga di antaranya pria berpaspor Indonesia, masing-masing ditangkap antara 12-17 Juli 2018. Salah satu yang ditangkap diduga telah berjanji setia dan menerima pelatihan militer dari Negara Islam Indonesia.

Seorang tersangka lainnya diduga terkait dengan seorang anggota Jama'ah Ansharut Daulah (JAD) yang terlibat dalam pembunuhan 10 Mei terhadap perwira polisi Indonesia di Jawa Barat.

Informasi penangkapan tiga WNI itu dibenarkan pihak Mabes Polri setelah mendapat pemberitahuan dari kepolisian Malaysia.

"Saya ingin sampaikan, ini ada penangkapan warga Indonesia di Malaysia, ada tiga orang yang diduga terafiliasi dengan kelompok ISIS," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung DPR RI Jakarta pada Kamis 19 Juli 2018.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini