nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri Kuliah Umum di ABN Nasdem, Jokowi Paparkan Kebesaran Indonesia

ant, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 11:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 16 337 1922836 beri-kuliah-umum-di-abn-nasdem-jokowi-paparkan-kebesaran-indonesia-ULkYqwZLFy.jpg Presiden Jokowi (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kuliah umum kepada peserta pendidikan bela negara Akademi Bela Negara Partai Nasdem Angkatan II di Jakarta. Jokowi membeberkan kebesaran Indonesia.

"Indonesia merupakan negara besar, ada 17.000 pulau, 714 suku, kita negara besar," kata Presiden Jokowi mengawali kuliah umumnya di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai Nasdem Pancoran Jakarta, Senin (16/7/2018).

Kepala Negara menceritakan pengalamannya pernah terbang dari paling barat Indonesia hingga paling timur yang memerlukan waktu lebih dari sembilan jam. "Kalau terbang dari London ke arah timur, itu akan melewati tujuh negara atau sampai ke Istanbul Turki. Artinya kita negara besar, " katanya.

Selain besar, lanjut Presiden, juga beragam mulai dari bahasa, suku, tradisi yang sering terlupakan. "Negara sebesar ini tantangannya juga besar. Tidak boleh kita takut dan ragu menghadapi tantangan apalagi anak-anak muda. Ujian yang datang tidak kecil karena negara ini negara besar," katanya.

 

Sementara itu, Gubernur ABN Partai Nasdem IGK Manila mengatakan, peserta pendidikan reguler akan dididik selama empat bulan untuk membentuk alumni yang berwawasan dan membawa gerakan restorasi Indonesia.

Ia menjelaskan, pendidikan reguler angkatan II tahun 2018 diikuti 517 peserta naik dibanding angkatan I yang hanya 500 orang.

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Wiranto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Mendag Enggartiasto Lukita dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini